Sukses

Sandang Nama Nicky Hayden, Pembalap Ini Naik Podium di Final Yamaha Cup Race 2019

Ajang final Yamaha Cup Race jadi berwarna dengan kehadiran Nicky Hayden. Bocah SMP ini berhasil naik podium di salah satu kelas pada final Yamaha Cup Race 2019 di Taskmalaya.

Liputan6.com, Tasikmalaya- Nama Nicky Hayden langsung menjadi pusat perhatian dalam ajang Yamaha Cup Race 2019 seri Tasikmalaya, Jawa Barat, 16-27 November 2019. Tentu saja bukan mendiang pembalap Amerika Serikat itu yang turun di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya.

Nicky Hayden yang ini berasal dari Yogyakarta dan baru berusia 12 tahun. Pembalap bernama lengkap Muhammad Nicky Hayden itu baru menginjak kelas 1 SMP dan tubuhnya tergolong kecil.

Di ajang Yamaha Cup Race 2019, Nicky Hayden turun di kelas YCR 3 Moped 4T 150cc Rookie. Dia mampu naik podium kedua dalam balapan itu, kalah dari pembalap Jawa Tengah, Muhammad Jordan Badaru, yang finis terdepan.

"Ikut balapan dari umur 9 tahun. Dulu ikutnya MiniGP. Tahun lalu sudah turun juga di Yamaha Cup Race. Targetnya juara," ujar Nicky Hayden, saat ditemui Liputan6.com di Yamaha Cup Race 2019 Tasikmalaya, Minggu (17/11/2019).

"Yang memperkenalkan balap motor, ayah saya. Yang ajari juga ayah saya. Kendala sejauh ini tidak ada, dulu pernah cedera bahu terus operasi, tapi enggak bikin kapok untuk balapan lagi," jelas putra dari Ari Basuki ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Nicky Hayden

Sejumlah prestasi yang pernah diperolehnya membuat Nicky Hayden turut ambil bagian di Yamaha Sunday Race. Tubuhnya yang kecil juga tidak membuatnya rendah diri menghadapi para pembalap lain yang lebih senior.

Soal pelajaran di sekolah, Nicky Hayden mengaku bisa membagi waktu dengan latihan balapnya. Selama ikut perlombaan balap di manapun, dia mengaku selalu meminta izin ke sekolah.

Menurut Nicky Hayden, sang ayah Ari Basuki memberi nama serupa mendiang pembalap MotoGP asal Amerika Serikat itu, karena momen juara dunia 2006. Nicky Hayden kala itu merajai MotoGP 2006, tahun itu sama dengan kelahiran anaknya sehingga Ari Basuki memilih nama pembalap berjulukan The Kentucky Kid itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.