Sukses

Tanpa Lima Pilar, Persib Siapkan Strategi Khusus Lawan Arema FC

Banyaknya pemain yang absen membuat pelatih Persib mengatur strategi anyar.

Liputan6.com, Bandung Big match melawan Arema FC dalam laga tunda Shopee Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (12/11/2019), akan menjadi ujian berat bagi Persib Bandung. Tidak tanggung-tanggung, lima pemain harus absen dengan berbagai alasan.

Mereka adalah Ezechiel N'Douassel, Febri Hariyadi, Ardi Idrus, Esteban Vizcarra, dan Kevin Van Kippersluis. Ezechiel dipanggil Timnas Chad dengan Febri Hariyadi dan Ardi Idrus masuk skuat Timnas Indonesia.

Sementara gelandang sayap Persib Esteban Vizcarra terkena akumulasi kartu kuning dan penyerang Kevin Van Kippersluis mengalami cedera pangkal paha.

"Saya senang menyambut laga besar besok, laga yang ditunda dua kali dan akhirnya kami bisa bermain. Tapi kali ini kami harus bermain di saat kalender FIFA dan sangat menyulitkan bagi kami karena ada lima pemain yang dipanggil timnas," kata Robert dalam jumpa pers di Graha Persib, Senin (11/11/2019).

Selain Ezechiel, Febri dan Ardi, dua nama lain yakni Gian Zola dan Beckham Putra sudah terlebih dulu dipanggil timnas. Zola kembali perkuat Timnas Indonesia U-22 untuk Sea Games 2019 sedangkan adiknya Beckham dipanggil Timnas Indonesia U-19 untuk Kualifikasi Piala AFC 2020.

Robert mengaku senang pemain Persib dipanggil timnas. Hanya saja dia menilai waktunya kurang tepat.

"Zola, Beckham, Ezechiel, Febri dan tentunya selamat juga untuk Ardi karena untuk pertama kali masuk timnas. Sayangnya waktunya tidak tepat untuk Persib. Jika saja kami bertanding melawan Arema sesuai jadwal awal, komposisi tim akan berbeda dan kami tidak harus bermain dengan banyak pemain yang ke timnas," ujar pelatih asal Belanda itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Baru

Banyaknya pemain yang absen membuat Robert mengatur strategi anyar. Pemain di lini depan akan disesuaikan dengan pemain yang ada.

"Kami harus bangkit mengatasi krisis penyerang, karena lima pemain menyerang saat ini tidak bisa bermain bersamaan. Jadi kami akan memainkan komposisi yang berbeda besok, tidak seperti biasanya karena faktor kami tidak punya striker," kata Robert.

Meski akan menurunkan komposisi berbeda, pelatih 64 tahun itu tetap mengapresiasi anak asuhnya.

"Saya melihat pemain di latihan, antusiasme mereka, dengan line up baru mereka terlihat positif dan sangat antusias," katanya.

Robert berharap big match besok dipenuhi pendukung Persib. Kehadiran bobotoh akan menambah motivasi pemain Persib.

"Katanya laga ini juga akan dipenuhi bobotoh. Jadi tim yang mempunyai hasrat paling besar besok itu yang akan memenangkan pertandingan dan saya yakin pemain kami punya hasrat besar," kata Robert.

3 dari 3 halaman

Tidak Turunkan Kevin

Sementara itu, soal kondisi Kevin van Kippersluis yang mengalami cedera usai laga melawan PSIS Semarang, dipastikan tidak akan tampil melawan Arema.

"Kevin sampai pagi tadi belum bergabung latihan, jadi kami tidak bisa mengambil resiko. Dia tidak akan bermain besok," ujar Robert.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.