Sukses

FIM CEV 2019: Ketat di Moto3, Kesempatan Mario Perbaiki Peringkat

Liputan6.com, Valencia - Seri kedelapan FIM CEV Repsol bakal berlangsunng di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol 10-11 November 2019. Tiga pembalap muda asal Indonesia, yakni Mario Suryo Aji, Andi Gilang, dan Gerry Salim kembali tampil meramaikan balapan yang dikelola Dorna itu.

Mario tampil di kelas Moto3 World Junior Championship. Sedangkan Andi dan Gerry turun di Moto2 European Championship. Mereka tergabung dalam Astra Honda Racing Team.

Persaingan ketat masih berpotensi terjadi di kelas Moto3 Junior Championship. Sebab gelar juara bakal ditentukan pada balapan yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo nanti.

Jeremy Alcoba menjadi kandidat kuat juara Moto3 musim ini. Itu setelah, Alcoba kembali memetik kemenangan pada race sebelumnya yang berlangusng di Sirkuit De Albacete, Oktober lalu. Hasil itu membuat Alcoba semakin kokoh di puncak klasemen dengan 178 poin.

Sementara di urutan kedua masih ditempati oleh pembalap, Carlos Tatay dengan 33 poin atau terpaut 45 poin dari rekan senegaranya Alcoba.

Alcoba tidak harus menang untuk mengunci gelar juara musim ini. Sebaliknya, pembalap Laglisse Academy itu hanya butuh 5 poin untuk menjuarai Moto3 World Championship.

Tambahan tiga poin di Ricardo Tormo bakal membuat Alcoba unggul 51 poin dari Tatay. Torehan ini mustahil dikejar oleh Tatay sekalipun berhasil memenangkan dua seri tersisa.

Mario yang berlaga di kelas yang baru pertama kali tampil di Moto3, belum bisa ikut dalam persaingan ini. Sebab saat ini, Mario masih berada di urutan 16 dengan koleksi 26 poin. Meski demikian, dua seri terakhir bisa dimanfaatkan Mario untuk memperbaiki posisinya. 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Sudah Punya Juara

Sementara itu, gelar juara kelas Moto2 European Championshiip sudah menjadi milik Edgar Pons. Pembalap asal Spanyol tersebut tidak terkejar lagi setelah merebut kemenangan di seri sebelumnya. Saat ini Pons telah mengemas 196 poin atau terpaut 36 poin dari rival terdekatnya, Herctor Garzo. Dengan demikian, Pons tidak terkejar lagi oleh pembalap lain.

Sementara itu, Andi dan Gerry masih berada di papan tengah. Andi menempati urutan 13 dengan 36 poin. Sedangkan Gerry berada berada di urutan ke-17 dengan koleksi 26 poin.

Bagi Andi gilang, ini merupakan balap terakhirnya di ajang CEV. Sebab Andi bakal menjajal Grand Prix Moto2 menggantikan Dimas Ekky.  

 

 

3 dari 3 halaman

Sekilas CEV

CEV awalnya hanyalah kejurnas balap motor yang digelar di Valencia. Namun sejak diambil alih Dorna, ajang ini menjadi batu loncatan bagi pembalap-pembalap muda.

Hampir 70 persen pembalap yang tampil di MotoGP sempat merasakan persaingan di ajang CEV, termasuk Marc Marquez. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Race I Moto3 FIM CEV 2019, Mario Finis di Urutan 16
Artikel Selanjutnya
FIM CEV 2019: Mario Suryo Aji Pajang Foto Mendiang Afridza di Sepeda Motornya