Sukses

6 Caketum PSSI Angkat Kaki dari Tempat Kongres

Enam calon ketua umum PSSI memilih untuk meninggalkan tempat Kongres karena menilai diselenggarakannya kongres pemilihan ini tidak sesuai statuta.

Liputan6.com, Jakarta Setelah Bernhard Limbong menyatakan mundur dari bursa Calon Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, enam nama langsung angkat kaki dari ruang Kongres PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Enam nama tersebut adalah Fari Francis, Vijaya Fitriyasa, Yesayas Oktovianus, Sarman El Hakim, Benny Erwin, dan Aven Hinelo. Mereka menanggap Kongres PSSI ini tidak mendapat restu FIFA.

Sedangkan La Nyalla Mattalitti menarik diri dari Kongres PSSI. Kini hanya ada tiga nama yang berada di rung Kongres PSSI, Arif Wicaksono, Mochamad Iriawan, dan Rahim Soekasah.

"Acara ini tidak sesuai statuta FIFA dan AFC. Rindukan tidak seperti biasa, seolah-olah suasana dibikin ribut," ucap Benny Erwin kepada wartawan.

Benny Erwin mengklaim, suasana di ruang Kongres PSSI sudah tidak kondusif. Dia mengaku dipojokkan oleh beberapa oknum.

"Kami mau maju ke depan, saling dorong security. Yesayas sempat mau pukul-pukulan. Di sini kan demokrasi, posisi kita seperti yang salah. Fery Prancis mau bicara sama orang FIFA, tapi malah diusir," katanya menambahkan.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Delegasi FIFA Hadir

Kendati mereka menilai Kongres PSSI ini tidak sesuai statuta, beberapa perwakilan FIFA dan AFC sudah datang. Dua delegasi FIFA yang hadir, yakni Head of Member Association Governance Service, Luca Nicola dan Development Manager Southeast and East Asia, Lavin Vignesh.

Sementara dari AFC ada tiga delegasi yakni Head of South Asia Unit AFC Member Association and Regional Associations Departemen, Purushottam Kattel, Manager of Asean Unit AFC Member Association and Regional Associations Departement, Nhodkeo Phawadee dan Secretary of AFC Member Association and Regional Associations Departement, Varankumar Sagaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.