Sukses

10 Aksi Sosial Cristiano Ronaldo (Bagian 2)

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepak bola dengan pendapatan terbesar di dunia. Di Juventus, bintang asal Portugal itu mendapat 500 ribu atau sekitar Rp 8,8 miliar.

Tak hanya itu, pundi-pundi kekayaan Cristiano Ronaldo juga didapat dari luar lapangan sepak bola. Dia memiliki kontrak kaya dengan Nike, Electronic Arts, Herbalife, sejumlah pakaian, sepatu, dan pakaian dalam CR7.

Cristiano Ronaldo sangat dipuja penggemarnya karena keterampilan dan prestasinya yang mengagumkan. Namun, ia juga tidak lepas dari komentar para kritikus yang membenci perilaku dan obsensinya.

Meski banyak dicemooh banyak orang, Cristiano Ronaldo tidak terlalu memedulikan. Ia menjawab semua cemooh itu lewat aksi di lapangan.

Tak hanya peduli dengan aksinya di lapangan, Cristiano Ronaldo juga sangat memperhatikan yang terjadi di sekitarnya. Bahkan, bintang Juventus ini tak ragu merogoh koceknya lebih dalam atau menjual sejumlah trofi yang dimenangkannya demi membantu mereka yang membutuhkan.

Berikut 10 aksi sosial Cristiano Ronaldo yang dihimpun Liputan6.com dari media Inggris:

 

 

2 dari 6 halaman

6. Ayah Angkat Korban Tsunami Aceh

Pada akhir Desember 2004 silam, Aceh diterjang tsunami. Salah satu korban yang selamat adalah Martunis. Saat itu, Martunis yang masih duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar, mengenakan jersey Timnas Portugal.

Bencana alam tersebut menjadi perhatian dunia, termasuk Cristiano Ronaldo. Mantan pemain Manchester United itu kemudian menemui Martunis, yang kehilangan ibu dan dua saudara kandungnya.

Ronaldo lalu menjadikan Martunis sebagai anak angkatnya. Tak hanya itu, Ronaldo juga menyekolahkan Martunis di Sporting Lisbon.

 

3 dari 6 halaman

7. Mengundang Anak Yatim

Di ibukota Lebanon, Beirut, penggemar Real Madrid, Haidar Mustafa, menjadi yatim setelah kedua orang tuanya dibunuh oleh seorang pembom bunuh diri. Seorang reporter lokal kemudian menghubungi Ronaldo dan akhirnya mengundang bocah itu ke Madrid.

Dalam sebuah rekaman video, Ronaldo memeluk Haidar dengan suasana mengharukan. Bocah tersebut menangis gembira karena bertemu pahlawannya.

 

4 dari 6 halaman

8. Membantu Fans Muda Real Madrid

Ronaldo diberitahu tentang kisah Nuhuzet Guillen, bocah berusia sembilan tahun penderita kanker, pada 2009 lalu. Setelah mendengar kisahnya, ia memutuskan untuk mengirim sopor untuk membawa keluarga Nuhuzet ke hotel tempat Real Madrid menginap.

Setelah keluar dari lift, Ronaldo bercanda dengan bocah tersebut. "Apakah kamu tidak ingin mengatakan apa-apa?" katanya kepada Nuhuzet.

Ia mendedikasikan gol untuk Nuhuzet, yang diundangnya untuk menonton pertandingan Real Madrid di Santiago Bernabeu. Ronaldo kemudian memberikan jersey setelah pertandingan.

Setelah berbicara dengan ayahnya, Ronaldo mengetahui tak banyak yang bisa dilakukan meski ada perawatan eksperimental tersedia di Amerika Serikat. Saat kondisi Nuhuzet memburuk, Ronaldo kemudian menawarkan untuk membayar semua biaya pengobatannya.

Ronaldo membayar biaya pengobatan Nuhuzet selama lebih dari setahun, sampai bocah itu meninggal pada Maret 2013.

 

5 dari 6 halaman

9. Menanggung Biaya Operasi Otak

Pada 2014, ibu dari Erik Ortiz Cruz menulis surat kepada Ronaldo. Ia menanyakan apakah Ronaldo mau menyumbang jersey yang dia tanda tangani dan sepatunya untuk mereka lelang demi mengumumpulkan dana.

Dana tersebut bakal digunakan untuk biaya operasi otak Erik. Bocah berusia 10 bulan tersebut menderita displasia kortikal. Penyakit itu membuat Eriz mengalami kejang hingga 30 kali dalam sehari.

Setelah mendengar cerita lengkapnya, Ronaldo membayar seluruh biaya operasi otak Erik yang mencapai 55 juta pound. Tak hanya itu, Ronaldo juga berjanji menanggung biaya rawat jalannya.

 

6 dari 6 halaman

10. Mencari Pemberi Burger Gratis

Ronaldo, baru-baru ini, mengungkapkan dia pernah diberi burger gratis oleh tiga wanita ketika dia meminta makanan saat masih kecil di salah satu gerai Mc'Donald, samping stadion Sporting Lisbon, Portugal. Bintang Juventus itu ingin bertemu dengan ketiga wanita tersebut dan ingin mengucapkan terima kasih.

Selain itu, Ronaldo juga ingin mengajak ketiga wanita itu untuk makan malam di Turin atau Lisbon sebagai tanda terima kasihnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Klub dengan Rekor Tak Terkalahkan dalam Semusim, Liverpool Menyusul?
Artikel Selanjutnya
Matthijs de Ligt: Chiellini Bilang Saya Harus Banyak Pakai Kepala di Juventus