Sukses

Prediksi Laga Utama ONE: Berebut Titel Dunia di Edisi CENTURY

Liputan6.com, Jakarta Ajang One Championship di Arena Ryogoku Kokugikan, Tokyo, Jepang, pada 13 Oktober mendatang bakal jadi momen bersejarah dalam dunia Mixed Martial Art (MMA). Dalam episode ke-100 One Championship yang diberi label CENTURY nanti, sebanyak 7 gelar juara dunia akan diperebutkan dan melibatkan 28 juara dunia dari berbagai disiplin ilmu bela diri.

Partai-partai utama CENTURY edisi I bakal berkelas dan memiliki tensi tinggi. “Unstoppable” Angela Lee, Juara Dunia ONE Atomweight asal Singapura, akan mempertahankan sabuknya dari “The Panda” Xiong Jing Nan, Juara Dunia ONE Strawweight asal Tiongkok.

Dalam laga lain, Demetrious “Mighty Mouse” Johnson – penyandang 12 gelar Juara Dunia Flyweight asal Amerika Serikat – akan bertemu dengan Danny “The King” Kingad – juara wushu nasional asal Filipina– dalam final ONE Flyweight World Grand Prix Championship.

Lalu seperti apa jalannya laga? Dua atlet One Championship, Anthony “The Archangel” Engelen dan Rudy “The Golden Boy” Agustian mencoba mengupas empat laga utama. Prediksi mereka layak untuk dijadikan panduan sebelum menyaksikan duel-duel nanti. 

1. ONE Women Atomweight World Championship

“Unstoppable” Angela Lee Vs. “The Panda” Xiong Jing Nan

Analisis Anthony Engelen: 

“Ini akan jadi pertandingan yang menarik karena mereka berdua adalah juara. Menurut saya, Angela Lee punya keunggulan dalam ground work, sedangkan Xiong Jing Nan lebih unggul dalam striking.” ujarnya.

“Dalam laga mereka sebelumnya, tampak bahwa Xiong memiliki lebih baik dalam daya tahan. Inilah aspek yang harus dilakukannya lagi. Pertandingan mereka akan menarik karena Xiong bertanding dalam divisi berat badan yang lebih rendah. Kalau menang, ia akan menyandang 2 sabuk gelar juara” imbuh Anthony.

“Angela sendiri masih merupakan pemegang gelar juara atomweight. Ini pertandingan yang akan sangat menarik, saya sangat menantikan laga antara mereka berdua.” ujarnya lagi.

Analisis Rudy Agustian: 

“Xiong Jing Nan itu karakternya ‘batu’. Selain striking-nya lebih agresif, ia juga memiliki skill BJJ yang bagus; terbukti ia bisa lolos dari kuncian Angela Lee di laga sebelumnya. Mental petarungnya pun bagus, ia tidak mudah menyerah. Saya jagokan Xiong Jing Nan, menang KO ronde 4.” ujar praktisi Muay Thai ini.

 

2 dari 4 halaman

2. ONE Flyweight World Grand Prix Championship

Demetrious “Mighty Mouse” Johnson Vs. Danny “The King” Kingad “

Analisis Anthony Engelen:

“Ini akan jadi pertandingan yang juga menarik. Demetrious terkenal belum terkalahkan. Saya tidak bisa membayangkan ada petarung yang bisa menghentikannya, tapi beberapa laga terakhir tampak tidak mudah untuk ia lewati.” ujarnya.

“Danny juga luar biasa. Kalau ada petarung yang bisa menyulitkan “DJ” maka Danny inilah orangnya. Saya pikir DJ lebih memiliki Teknik tanding yang all round sementara Danny Kingad lebih ke striking.” papar atet dari Bali MMA ini.

Analisis Rudy Agustian: 

“Menurut saya, DJ sudah sangat komplit sebagai seorang atlet, dan memiliki stamina yang sangat bagus. Danny juga sedang naik daun, selain memiliki skilldan fisik yang juga bagus.” ujarnya.

”Keduanya memang memiliki skill dan fisik yang bagus, tapi DJ lebih berpengalaman dengan jam terbang lebih tinggi. Saya menjagokan DJ dengan kemenangan melalui submission di ronde 3.” kata atlet sasana Golden Camp Muay Thai ini.

 

3 dari 4 halaman

3 ONE Lightweight World Grand Prix Championship

“The Underground King” Eddie Alvarez vs Saygid “Dagi” Guseyn Arslanaliev

Analisisi Anthony Engelen: 

“Saya pernah beberapa kali berada dalam kartu pertandingan yang sama dengan Saygid. Ia pria yang baik dan petarung muda yang luar biasa. “Dagi” diuntungkan dengan postur tubuh yang bahkan lebih besar dari Eddie Alvarez, ditambah dengan usia yang lebih muda dan kekuatan besar.” ujarnya.

“Sejujurnya, menurut saya Eddie akan menghadapi pertarungan yang sulit. Tapi jika ia bisa mengatasi ronde pertama atau kedua, lalu semoga pengalamannya yang lebih banyak akan mengambil alih pertandingan. Jika “Dagi” tidak bisa mengalahkan Eddie di ronde-ronde awal, saya akan mendukung kemenangan Eddie.” kata Anthony lagi.

Analisis Rudy Agustian:

“Eddie Alvares tampaknya agak kewalahan bermain di ONE. Seandainya saja Eduard Folayang tidak terburu nafsu dalam pertandingan tempo hari, maka “The Landslide” bisa saja keluar sebagai pemenang.” ungkapnya.

Ia pun memprediksi kemenangan untuk “Dagi” sang petarung asal Dagestan. “Tapi Eddie memang lihai, ia bisa melakukan finish meski dalam keadaan terpojok. Prediksi saya, Saygid – si Raja KO– akan menang KO di ronde 2.” kata Rudy.

 

 

4 dari 4 halaman

4. Women Atomweight Muay Thai

Janet “JT” Todd vs Ekaterina “Barbie” Vandaryeva

Analisis Anthony Engelen: 

“Saya pernah melihat pertandingan Janet, dan menurut saya ia adalah petarung yang baik. Sayangnya saya tidak bisa menyampaikan analisis lebih tentang lawannya.” pungkas Anthony.

Analisis Rudy Agustian:

“Menurut saya, Janet Todd bermain semakin bagus dalam setiap fight yang ia jalani. Saya dukung Janet untuk menang melalui decision,” tutur Rudy.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
ONE Championship: Tekanan Stefer Rahardian untuk Akhiri Paceklik Kemenangan
Artikel Selanjutnya
ONE Championship: Priscilla Lumban Gaol Kian Dekat untuk Tantang Juara Dunia