Sukses

Timnas Indonesia vs Thailand: McMenemy Kantongi Kelemahan Lawan

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, melihat dua celah yang bisa dimanfaatkan untuk meredam Thailand pada lanjutan grup G babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (10/9/2019). Selain transisi pelatih di skuat Gajah Putih, bocoran dari dua pemain Indonesia yang merumput di lapangan Thailand bakal memberi gambaran kekuatan lawan yang akan dihadapi sore ini. 

Baik Thailand dan Indonesia sama-sama gagal memetik kemenangan di laga perdana grup G. Gajah Putih lebih mujur karena mampu bermain imbang kacamata melawan Vietnam. Sementara Timnas Indonesia harus menempati juru kunci usai kalah 2-3 dari Malaysia. 

"Kejadian seperti ini kerap terjadi saat pelatih baru mengambil alih dan (Akira) Nishino belum terlalu lama bersama timnas Thailand. Ini adalah titik lemah mereka dan kami berhadap bisa mengambil keuntungan dari sana," kata McMenemu dilansir Bangkok Post. 

Nishino belum lama ditunjuk menangani Timnas Thailand. Hasil imbang melawan Vietnam membuatnya menuai banyak kritik.  Nishino yang membawa Jepang hingga ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dianggap belum mengenal pasukannya secara detail. Formasi dan penempatan beberapa pemain Thailand saat bertemu Vietnam juga banyak dipertanyakan. 

McMenemy juga sama. Pelatih asal Skotlandia ini juga terbilang baru menangani skuat Merah Putih. Hanya saja, mantan pelatih timnas Filipina itu sedikit lebih diuntungkan karena telah lama berkecimpung di sepak bola Indonesia. McMenemy bahkan pernah membawa Bhayangkara FC menjuarai kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2017. 

 

 

2 dari 2 halaman

Bocoran Dua Pemain

Namun tangan dingin McMenemy juga belum teruji. Debutnya bersama timnas Indonesia di ajang resmi tidak berjalan mulus setelah timnas Indonesia dikalahkan Malaysia di SUGBK. 

Duel melawan Thailand kembali jadi ujian bagi McMenemy. "Kami sudah mempelajari rekaman pertandingan Thailand melawan Vietnam dan kami sudah menemukan ide brilian terkait gaya permainan mereka," ujar McMenemy dengan nada yang optimisits. 

"Kami punya dua pemain Indonesia di Liga Thailand dan mereka juga telah memberi kami beberapa tips," beber pria berusia 41 tahun tersebut menambahkan.

Dua pemain yang dimaksud McMenemy tentu saja Victor Igbonefo dan Yanto Basna. Igbonefo bermain untuk PTT Rayong dan Basna memperkuat Sukothai FC.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Rahmad Darmawan Minta PSSI Beri Kesempatan kepada Simon McMenemy
Artikel Selanjutnya
Jadwal Timnas Indonesia U-16 di Kualifikasi Piala AFC: Siaran Langsung Televisi Besok