Sukses

Yoga, Olahraga asal India yang Makin Populer di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Yoga merupakan olahraga asli dari India. Dalam beberapa tahun terakhir yoga sangat naik daun di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Kaum milenial terkena demam yoga.

Dibanding olahraga lain, yoga bisa dilakukan berbagai kalangan mulai anak muda hingga orang tua. Untuk melakukan olahraga yoga juga tak sulit dan rumit. 

"Yoga ini sebenarnya olahraga yang praktis. Di yoga tidak perlu alat-alat macam-macam, cuma badan kita aja. Kita tidak memerlukan mesin kaya di gym ataupun alat-alat spesial kaya golf," ujar praktisi yoga Cindy Purnama Juwono.

Yoga, yang sudah dikenal sejak 5.000 tahun silam, sudah menjadi sejarah dalam filosofi spiritual di India. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni 'merilis' kekuatan spiritual dan mental dari seseorang. Meski demikian, yoga kini sudah sangat populer sebagai olahraga yang dapat melawan stress dan problem kecemasan yang kerap melanda masyarakat modern.

"Yoga ini sudah lama ada di Indonesia sebenarnya. Saya saja sudah mengenal dan menekuni olahraga yoga sejak tahun 2009," lanjut Cindy Purnama Juwono. 

Olahraga yoga dikenal sangat baik bagi kesehatan. Yoga dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi. 

 

 

2 dari 2 halaman

Star Yoga

Tingginya minat rakyat Indonesia pada yoga membuat Cindy bersama rekan-rekannya membuka Star Yoga di Mall Artha Gading Jakarta.

"Di Star Yoga gurunya semuanya merupakan master in yoga terapi. Kami punya banyak kelas. Kita fokus di yoga klasik yang untuk kesehatan," tutur Cindy. 

"Latihan yoga di Star Yoga sangat unik karena kami memiliki program seminar aktif dan juga kelas yang lain daripada yang lain. Kami punya 12 kelas terapi yang dipimpin oleh guru ahli dengan gelar Master in Yoga Therapy dari universitas di India," pungkas Cindy.