Sukses

PSM Makassar Turunkan Raphael Maitimo Melawan Persija, Ini Penjelasan PT LIB

Jakarta - Raphael Maitimo sudah membela PSM Makassar pada laga tunda Shopee Liga 1 2019 melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 2019 buka suara terkait pemberian ijin. Manajer PT LIB Asep Saputra menyatakan tampilnya Maitimo sudah sesuai regulasi. 

Padahal PSM Makassar baru memperkenalkan Maitimo beberapa jam sebelum kick-off melawan Persija. Dia kemudian Maitimo masuk pada menit ke-81 menggantikan Zulham Zamrun.

Padahal, laga melawan Persija merupakan laga tunda pekan ketujuh. Banyak yang mempertanyakan keabsahan Maitimo, yang baru bergabung pada bursa transfer tengah musim, bisa langsung turun bertanding di klub baru. Banyak juga yang menilai mantan pemain Mitra Kukar dan PSIM itu tidak berhak membela PSM pada laga kontra Persija ini.

Namun, PT LIB punya alasan atas izin yang diberikan kepada PSM untuk memainkan Maitimo.

PT LIB mengacu pada waktu bergabungnya sang pemain pada bursa transfer dengan jadwal baru pada pertandingan tunda. Bukan pada acuan laga tunda yang sejatinya berlangsung sebelum bursa transfer pemain dibuka.

"Sesuai dengan surat edaran kami dan setelah berkoordinasi dengan PSSI terkait periode dua pendaftaran pemain, menyatakan pemain yang disahkan, bisa dimainkan. Termasuk untuk laga tunda, baik pada putaran pertama atau kedua, dan pertandingan pekan ke-17," kata Asep Saputra.

Dalam debutnya bersama PSM Makassar, Raphael Maitimo gagal memberikan kemenangan. Juku Eja harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 0-0 melawan Persija Jakarta.

2 dari 2 halaman

Klub Indonesia Kesembilan

PSM menjadi klub Indonesia kesembilan dalam karier Raphael Maitimo. Pemain kelahiran Rotterdam, Belanda, itu awal musim ini sebenarnya bergabung dengan klub Liga 2, PSIM Yogyakarta.

Raphael Maitimo pertama kali membela klub Indonesia pada 2011 ketika bergabung dengan Bali Devata. Setelah itu, pemain akademi Feyenoord itu membela Mitra Kukar (2013-2014), Sriwijaya FC (2015), Arema Cronus (2016-2017), Persib Bandung (2017), Madura United (2018-2019), dan Persebaya Surabaya (2018).

 

Disadur dari: Bola.com

(Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Aning Jati, published 28/8/2019)

Loading
Artikel Selanjutnya
Rapor Klub Indonesia di Piala AFC: Persipura Paling Sukses
Artikel Selanjutnya
Hantam Lalenok United 4-1, PSM Berpeluang Tampil di Babak Penyisihan Piala AFC 2020