Sukses

KPSN Yakin Leg Kedua Final Piala Indonesia Berjalan Damai

Leg kedua Final Piala Indonesia mempertemukan PSM kontra Persija, KPSN melihat kedewasaan dari kedua suporter yakni The Macz Man dan The Jakmania.

Liputan6.com, Makassar - Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN), Suhendra Hadikuntono berharap pertandingan tunda Leg Kedua Piala Indonesia antara kesebelasan tuan rumah PSM Makassar versus Persija Jakarta, Selasa (6/8/2019), di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung aman, lancar, tertib, damai dan sportif.

"Sepak bola itu mempersatukan, bukan menceraikan," ujar Suhendra di Jakarta, Minggu (4/8/2019).

Suhendra juga mengimbau semua pihak, terutama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PPSI), tidak paranoid menghadapi laga leg kedua final Piala Indonesia, karena ia yakin para suporter kedua kesebelasan, yakni The Jakmania (Persija) dan The Macz Man (PSM), sudah dewasa dan hubungan mereka pun baik-baik saja selama ini.

Tak ada rivalitas antara The Jakmania dan Macz Man, bahkan The Macz Man menampung The Jakmania untuk memberikan tempat tinggal selama di Makassar pada Minggu (28/7/2019) lalu. Menurut dia, itu bukti dua kelompok suporter tersebut tidak ada masalah.

"Bila kemarin sempat ada intimidasi terhadap Persija, itu hanya ulah segelintir oknum suporter. Di luar lapangan, hubungan mereka baik-baik saja," jelas Suhendra yang mau turun ke Makassar untuk menyaksikan langsung laga PSM versus Persija.

Laga PSM versus Persija sedianya digelar di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (28/7/2019). Akan tetapi PSSI memutuskan menundanya karena faktor keamanan setelah ada intimidasi ke Persija dari oknum suporter. Penundaan ini berdampak pada hubungan suporter, antara The Jakmania dan The Macz Man yang ikut memanas di media sosial.

Suhendra juga mengapresiasi langkah Polrestabes Makassar yang memberikan jaminan keamanan dalam laga tunda final Piala Indonesia ini. Polisi sudah melakukan antisipasi pengamanan, mulai dari jalur yang akan dilalui Persija saat kedatangan maupun kepulangan, hingga keamanan berlapis di area stadion saat laga berlangsung, mulai Ring 1, Ring 2, dan Ring 3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hargai Tamu

Ia yakin masyarakat Makassar akan menjadi tuan rumah yang baik dan menjaga pertandingan akan berlangsung dengan aman dan tertib. “Masyarakat Makassar itu santun, menghargai tamu, dan mampu menjaga keamanan dan ketertiban. The Jakmania pun demikian, akan menjadi tamu yang baik, yang menghormati tuan rumahnya," paparnya.

Dari laga PSM versus Persija yang sempat tertunda ini, menurut Suhendra, ada pelajaran yang bisa dipetik. Pertama, PSSI tak boleh lagi tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Kedua, perlu ada lembaga khusus untuk mengedukasi suporter.

3 dari 3 halaman

Bidang Keamanan

Ketiga, sosok calon ketua umum PSSI yang berpengalaman di bidang keamanan makin menemukan relevansinya untuk didukung. “Penundaan pertandingan kemarin terjadi akibat kurang koordinasinya PSSI dengan aparat keamanan,” cetus pendiri Hadiekuntono’s Institute (Research, Intelligence, Spiritual) ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.