Sukses

Menpora Lepas Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2019 dari Merauke

Tim Jelajah Sepeda Nusantara yang beranggotakan 15 orang akan menyusuri 48 kota/ kabupaten dan finis di Mataram Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Menpora Imam Nahrawi bersama Bupati Merauke, Frederikus Gebze melepas Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2019 yang beranggotakan 15 orang pesepeda andal dari 0 Km Sota, Merauke, Senin (22/7/2019). Mereka akan memulai ekspedisi di tahun ketiganya dari timur Indonesia dengan melintasi 48 Kabupaten/Kota hingga Mataram.

Setelah dilepas secara resmi oleh Menpora, Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2019 akan mengarungi kawasan Jayapura dan start dari titik 0 Km Indonesia di Distrik Skouw, PLBN Skouw, Perbatasan Indonesia–Papua Nugini. Selanjutnya terus menyusuri Kepulauan Maluku Utara, Halmahera, Maluku, hingga ke wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di wilayah Nusa Tenggara Timur, Tim Jelajah Sepeda Nusantara akan start dari perbatasan Indonesia–Timor Leste, tepatnya di PLBN Motaain, Kabupaten Belu, Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya Tim akan gowes menuju perbatasan Indonesia – Timor Leste di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, tepatnya di PLBN Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara, sebelum menuju kabupaten Berikutnya.

Selanjutnya meneruskan perjalanan ke Pulau Sumba, Pulau Flores, Pulau Sumbawa, Pulau Lombok dan terakhir finish di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, provinsi Nusa Tenggara Barat.

Selama dua bulan, mereka akan melintasi destinasi wisata keindahan alam Indonesia dengan jarak tempuh 3400 Km, sekaligus mengusung misi mengajak masyarakat untuk terus berolahraga dengan semboyan "Ayo bergerak, Dimana saja, Kapan saja, Bersama siapa saja".

Sesampainya mereka nanti di Mataram, maka mereka telah menuntaskan program jelajah negeri dari Sabang sampai Merauke dalam kurun waktu tiga tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabar dari Merauke

Dalam sambutannya, Menpora Imam Nahrawi berpesan kepada para anggota Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2019 untuk turut menyebarkan kabar gembira dari Merauke.

"Ini semua kami lakukan untuk memberikan kabar gembira bagi bangsa Indonesia bahwa masyarakat di Merauke ini punya rencana besar, bukan hanya bidang olahraga, tetapi juga ekonomi, infrastrukur dan pembangunan manusia lainnya," katanya.

"Kabarkan juga kepada mereka agar jangan meninggalkan dunia ini sebelum datang ke Merauke."

Sementara itu, Bupati Merauke Frederikus Gebze berterima kasih kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpora. Menurutnya program ini menunjukkan perhatian pemerintah begitu tinggi.

"Saya ucapakan terima kasih kepada Pak Menpora yang sudah hadir di Merauke ini," ucapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.