Sukses

Peran Ketum FFI di Keberhasilan Timnas Futsal Indonesia U-20

Timnas Futsal Indonesia U-20 sukses lolos ke semifinal Piala Asia U-20 di Teheran Iran usai kalahkan Vietnam 7-5. Mereka kini bakal melawan Afganistan di laga semifinal Kamis (20/6/2019).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Futsal Indonesia U-20 mengukir sejarah dengan menembus semifinal Piala Asia Futsal U-20 2019 di Teheran, Iran. Indonesia tembus semifinal setelah mengalahkan Vietnam 7-5.

Kemenangan tersebut adalah kali ketiga Timnas Futsal Indonesia U-20 menang secara berturut-turut, sekaligus mencetak sejarah di ajang Piala Asia Futsal U-20 2019. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Timnas Futsal Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia Futsal U-20. 

"Terima Kasih Ketum. Semua pelaku Futsal di Tanah Air, sangat paham bahwa perjalanan dan pencapaian Futsal Indonesia tidak terlepas dari kepemimpinan dan komitmen Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia Bapak Hary Tanoesoedibjo selama ini," kata Sekretaris Jendral Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edhi Prasetyo, Selasa (18/6/ 2019) seperti keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Komitmen Hary Tanoe dalam memajukan futsal di Tanah AIr terlihat dari berbagai kebijakan yang dilakukannya, mulai dari mendatangkan pelatih asal Jepang yaitu Kensuke Takahashi, mengadakan berbagai turnamen berskala nasional secara berkelanjutan, mengadakan laga uji coba secara terus menenerus dengan tim-tim internasional, dan selalu mengikuti event- event internasional.

"Semua itu dibiayai secara pribadi oleh Ketua Umum FFI," kata Wakil Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Syafril Nasution.

Hary memberangkatkan rombongan Timnas U-20 Futsal Indonesia ke Iran sebanyak 28 orang, terdiri dari ofisial dan pemain. Bahkan, Hary terjun langsung memberikan pembekalan motivasi dan menanamkan rasa percaya diri pada timnas Futsal Indonesia U-20 saat melepas langsung keberangkatan timnas ke Iran pada Minggu dini hari (9/6/ 2019) di Bandara Soekarno Hatta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dominan

Di pertandingan semifinal yang berlangsung di Pour Sharifi Indoor Stadium, Selasa (18/6/2019) Indonesia tampil dominan sejak pertandingan dimulai. Anak asuh Kinesuke Takahashi mampu mengungguli permainan cepat Vietnam.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-10, melalui Abdussalam membawa Indonesia unggul setelah tendangan mendatar tak bisa diantisipasi kiper Vietnam.

Vietnam yang ketinggalan makin meningkatkan tensi permainan. Duel keras pun tak bisa terhindari dan kondisi tersebut membuat Kensuke melancarkan protes.

Di tengah upaya Vietnam mengejar ketinggalan, pemain Indonesia berhasil memanfaatkan kondisi. Di menit 17 giliran Syaifullah yang mencatatkan namanya di papan skor. Keunggulan Indonesia itu bertahan sampai turun minum.

Permainan cepat kembali mewarnai babak kedua. Namun, lagi-lagi Indonesia berhasil memanfaatkan kelengahan pemain Vietnam. Gol demi gol pun lahir dari kaki Syaefullah, Muhammad Sanjaya. Sementara Vietnam juga berhasil mencetak gol untuk mengejar ketinggalan setelah memainkan power play.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Lainnya

Sebelumnya, Timnas Futsal Indonesia U-20 menyapu bersih dua pertandingan dengan kemenangan, yakni 6-3 atas Taiwan dan 2-1 kontra Irak. Kemenangan atas Irak terasa spesial. Sebab, Irak merupakan runner-up Piala Asia Futsal U-20 edisi perdana yang dilangsungkan di Thailand pada Mei 2017.

Laga semifinal sendiri akan dilakoni Indonesia melawan Afghanistan pada Kamis, 20 Juni 2019 mulai pukul 18.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.