Sukses

KTM Perpanjang Kontrak Miguel Oliveira Hingga MotoGP 2020

Liputan6.com, Wina- Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer memutuskan untuk memperpanjang kontrak Miguel Oliveira untuk MotoGP 2020. Meski belum ada pernyataan resmi dari KTM, dia mengaku puas dengan performa Oliveira di MotoGP 2019.

Oliveira pertama kali bekerja sama dengan KTM di Moto3 2015, dengan membela Red Bull KTM Ajo. Usai menduduki peringkat runner up, ia naik ke Moto2 pada 2016 dengan Leopard Racing. Musim buruk pun membuat Oliveira kembali mendekati KTM, yang bertekad turun di Moto2 pada 2017.

Kerja sama Oliveira dan KTM pun kembali membuahkan hasil, dengan rider Portugal itu sukses meraih kemenangan beruntun di tiga seri terakhir. Pada 2018, ia bahkan jadi kandidat juara dunia dan merupakan ancaman serius bagi Francesco Bagnaia, meski harus puas kembali duduk di peringkat runner up.

Prestasi gemilang Oliveira membuat KTM menggaetnya untuk diturunkan di MotoGP dengan kontrak setahun. Ia ditempatkan di Red Bull KTM Tech 3, dan meski membela tim satelit, Oliveira tetap mendapatkan motor RC16 spek pabrikan yang sama persis dengan duet tim pabrikan, Pol Espargaro dan Johann Zarco.

Uniknya, meski berstatus debutan, rider 24 tahun ini langsung mampu merepotkan Espargaro dan Zarco dalam perebutan posisi 10 besar. Atas alasan ini, KTM langsung memperpanjang kontraknya. "Opsi untuk Miguel berakhir pada musim panas nanti, tapi kami sudah memperpanjang kontraknya hingga MotoGP 2020," ungkap Beirer.

 

2 dari 3 halaman

Punya Utang Budi pada KTM

Oliveira sendiri mengaku punya banyak utang budi pada KTM dan Beirer. Menurutnya, berkat pertolongan mereka dirinya bisa kembali ke papan atas saat turun di Moto2 2016. Atas alasan inilah Oliveira menolak tawaran kontrak dari LCR Honda, Pramac Racing, dan Suzuki Ecstar.

"Saya sangat senang dan bersyukur ketika Pit mendengar permintaan saya pada pertengahan 2016, dan mempercayakan motor Moto2 baru mereka kepada Tim Ajo. Itulah alasan saya menolak semua tawaran tim lain untuk MotoGP 2019," pungkas Oliveira.

Oliveira akan kembali turun lintasan di MotoGP Spanyol yang digelar di Circuito de Jerez - Angel Nieto pada 3-5 Mei mendatang.

Sumber Bola.net

3 dari 3 halaman

Video