Sukses

Peserta Piala Menpora U-12 di 2019 Alami Peningkatan

Piala Menpora U-12 bakal mengawali kejuaraan sepak bola berjenang yang digagas Kemenpora.

Liputan6.com, Jakarta Peserta turnamen sepak bola usia dini Piala Menpora U-12 pada 2019 mengalami peningkatan. Turnamen yang akan dioperatori oleh Forum Sepak Bola Indonesia (FOSSBI) itu akan diikuti oleh SSB dari 450 kabupaten/kota se Indonesia.

Menurut Sekretaris Umum (Sekum) FOSSBI, Anwar Sadat, jumlah peserta di Piala Menpora U-12 tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan 2018 yang diikuti 378 kabupaten atau kota. Total SSB yang ikut dikatakannya mencapai 14.496 dengan 173.952 orang peserta.

Nantinya, kompetisi ini akan mempertandingkan lima kelompok umur yakni U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan U-17 Putri. Kick off bakal digelar di lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 16 Maret 2019.

"Untuk bimbingan teknis Piala Menpora resmi dibuka tanggal 15 Maret 2019 di Bandung. Sedangkan besok (Sabtu) akan ada Kick off ceremonial di Stadion UPI, dengan diramaikan beberapa artis dan hiburan, kesenian dan marching Band. FOSSBI mempunyai proyeksi dari laporan ketua provinsi dan daerah, jumlah peserta mengalami peningkatan," kata Anwar seperti keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Pemenang Nasional Piala Menpora U-12 akan dikirim untuk mengikuti kejuaraan internasional Singa Cup di Singapura. Anwar berharap peserta aktif untuk mendokumentasikan kegiatan di daerah lewat video dan foto dan dishare ke sosial media.

"Ini agar informasi bisa tersebar secara luas utamanya soal Piala Menpora U-12 ini," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahun Keempat

Sementara itu, Deputi 3 Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan Piala Menpora U-12 sudah memasuki tahun keempat. Menurutnya, pembinaan sepak bola di usia dini dan muda merupakan awal dari lahirnya prestasi.

Kemenpora, lanjut Isnanta, akan terus berkomitmen untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola bagi semua kelompok umur.Untuk kompetisi ini, peserta berasal dari sekolah, SSB, dan kampus-kampus dari seluruh provinsi di Indonesia. Liga ini juga akan diselenggarakan di 34 provinsi.

Seri Nasional Liga Sepak Bola Berjenjang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Untuk U-12 akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan U-14 akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah.

3 dari 3 halaman

Pemain Masa Depan

Lalu, U-16 akan dilaksanakan di Banten. Kemudian, Liga Mahasiswa U-21 akan dilangsungkan di Yogyakarta. Dan, untuk Liga Sepak Bola Putri U-17 akan digelar di Bandung, Jawa Barat.

"Dengan adanya liga sepak bola berjenjang, diharapkan nantinya dapat menjadi wadah untuk menjaring bibit-bibit unggul calon pesepakbola nasional di masa depan. Siapa tahu kita akan menemukan lagi penerus Egy Maulana Vikri atau Witan Sulaeman yang bisa mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang internasional," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.