Sukses

Tumbang di Laga Pembuka, Persib Gagal Juara Piala Presiden 2019?

Persib Bandung dikalahkan Tira Persikabo 1-2.

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung harus mengakui keunggulan PS Tira Persikabo pada partai pembuka Piala Predien 2019. Mereka menyerah 1-2 di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (2/3/2019).

Osas Saha menjadi mimpi buruk Persib pada laga yang disiarkan Indosiar ini. Dia memborong gol Tira Persikabo di menit ke-29 dan 70. Sedangkan gol Persib dicetak Kim Jeffrey Kurniawan di menit ke-49.

Ini merupakan awal buruk bagi Maung Bandung pada persaingan Grup A. Mereka kini harus mengalahkan Persebaya Surabaya (7 Maret) dan Perseru Serui (12 Maret) untuk membuka harapan lolos ke babak 8 besar.

Jangankan mencapai putaran gugur, langkah Persib pada Piala Presiden 2019 juga bisa diprediksi. Mereka berpeluang gagal merebut gelar karena sejarah mencatat para pemenang Piala Presiden selalu berjaya di laga pertama.

Persib mengawali tren pada edisi pertama tahun 2015. Bertemu Persiba Balikpapan, mereka berjaya 4-0 berkat gol Ilija Spasojevic (2), Zulham Zamrun, dan Tantan.

Kemenangan itu jadi modal Persib untuk menjadi juara Grup A. Maung Bandung lalu berturut-turut menumbangkan Pusamania Borneo, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC dalam perjalanan mengangkat trofi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arema FC Mengikuti

Arema FC melanjutkan tradisi pada turnamen berikutnya. Bernaung di Grup B, Singo Edan membungkam Bhayangkara FC 2-0 pada laga pertama di Piala Presiden 2017 lewat gol Esteban Vizcarra dan Dendi Santoso.

Klub kebanggaan Malang itu lalu membungkam Sriwijaya FC, Semen Padang, dan Pusamania Borneo untuk menjuarai Piala Presiden.

3 dari 3 halaman

Teranyar Persija

Teranyar giliran Persija Jakarta yang mempertegas tren. Macan Kemayoran menaklukkan PSPS Riau 3-0 pada penampilan pertama di Piala Presiden 2018 berkat kontribusi Marko Simic, Ismed Sofyan, dan Bambang Pamungkas.

Tidak seperti Persib dan Arema FC di dua kesempatan sebelumnya, kemenangan itu tidak cukup bagi Persija untuk memenangkan Grup D. Namun, Persija tetap menggunakannya sebagai modal demi merebut titel.

Mereka menyingkirkan Mitra Kukar dan PSMS Medan demi menantang Bali United di final. Anak asuh Stefano Cugurra 'Teco' lalu berjaya 3-0 di final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.