Sukses

Seluk Beluk Piala Presiden 2019, Final Akan Pakai Sistem Kandang Tandang

Liputan6.com, Jakarta Undian babak penyisihan grup turnamen Piala Presiden 2019 telah tuntas digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019) malam WIB. Gelaran Piala Presiden 2019 bakal dipentaskan mulai 2 Maret mendatang. Turnamen ini diikuti 20 klub dan digelar di lima kota berbeda, yakni andung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Juara edisi tahun lalu, Persija Jakarta masuk Grup D bersama tuan rumah PSS Sleman, Madura United, dan Borneo FC. Sementara itu, Persib Bandung ada di Grup A bersama Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan PS TIRA-Persikabo.

2 dari 5 halaman

Sejarah singkat Piala Presiden

Mei 2015 adalah salah satu masa terburuk dalam dinamika sepak bola modern Indonesia. Hal ini terjadi karena adanya intervensi yang dilakukan Pemerintah kepada PSSI sehingga Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) menjatuhkan sanksi. Menurut Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), intervensi tersebut telah melanggar Statuta FIFA Pasal 13 dan 17.

Akibat sanksi tersebut sepak bola Indonesia mati suri karena tidak ada kompetisi resmi yang berjalan dan melihat kosongnya turnamen sepakbola di Indonesia. Mahaka Sports and Entertainment milih pengusaha Erick Tohir menggagas Piala Presiden sebagai pengganti Liga Super Indonesia.

3 dari 5 halaman

Selalu diraih oleh tim yang berbeda di setiap turnamen

Pada tanggal 30 Agustus 2015 pembukaan Piala Presiden dimulai di Bali. Pada tahun tersebut Piala Presiden dimenangkan oleh Persib Bandung setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tahun 2016 Piala Presiden ditiadakan dan diganti dengan turnamen yang diberi nama Indonesia Soccer Championship (ISC). Baru tahun 2017 Piala Presiden kembali digelar oleh PSSI yang baru bebas dari sanksi Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Pada gelaran Piala Presiden 2017 ini, Arema FC berhasil menjadi kampium setelah mengandaskan Pusamania Borneo FC di Stadion Pakansari, Bogor.

Piala Presiden terus berlanjut, tahun 2018 turnamen kembali digelar. Persija Jakarta keluar sebagai juara setelah mengalahkan Bali United 3-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Selain kesuksesan Persija, banyak hal terjadi selama penyelenggaraan turnamen pramusim yang bergulir 16 Januari hingga 17 Februari 2018 tersebut.

4 dari 5 halaman

Format berbeda di tahun 2019

Undian babak penyisihan grup turnamen Piala Presiden 2019 sudah selesai dibagikan. Namun, pada gelaran Piala Presiden tahun ini bakal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil dari pengalaman dan evaluasi dari tiga gelaran sebelumnya. PSSI sebagai penyelenggara akan membuat nuansa yang baru pada partai puncak final Piala Presiden nanti.

Jika pada final Piala Presiden 2015, 2017, dan 2018 digelar satu partai di satu stadion yang ditunjuk sebagai venue. Pada tahun 2019 ini Format yang digunakan pada final Piala Presiden 2019 ini akan menggunakan sistem tandang dan kandang. Rencananya, partai final bakal digelar pada 9 dan 12 April 2019.

5 dari 5 halaman

Hasil lengkap undian Piala Presiden tahun 2019

Grup A diisi oleh Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan PS TIRA-Persikabo. Grup B diisi oleh Bhayangkara FC, Semen Padang, Bali United dan Mitra Kukar. Grup C diisi oleh PSIS Semarang, PSM Makassar, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra.

Grup D diisi oleh PSS Sleman, Persija Jakarta, Madura United dan Borneo FC. Dan grup terakhir, Grup E diisi oleh Arema FC, Persela Lamongan, Persita Tangerang dan Barito Putera.

 

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Kelakuan Kocak Ini Pasti Pernah Kamu Lakukan Saat SD
Artikel Selanjutnya
Fotografer Ini Motret Gelandangan, Dia Menangis Saat Tahu Sosok Aslinya