Sukses

4 Kiper Cadangan Terbaik di Eropa Saat Ini, Ada Pemain Real Madrid

Keylor Navas kehilangan posisinya sebagai kiper utama Real Madrid menyusul kedatangan Thibaut Courtois sejak musim panas 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Real Madrid mengambil keputusan tepat saat merekrut Keylor Navas di musim panas 2014. Ia diboyong dari Levante setelah tampil cemerlang bersama timnas Kosta Rika pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Semusim kemudian, Navas menjadi kiper nomor utama Real Madrid. Ia menggantikan Iker Casillas yang memutuskan pergi dari Santiago Bernabue dan bergabung dengan klub Portugal, Porto.

Sejauh ini, Navas sudah mengangkat 11 piala dengan Real Madrid, tiga di antaranya trofi Liga Champions. Tapi, kiper berusia 32 tahun itu kini lebih banyak menjadi penghangat bangku cadangan.

Hal ini disebabkan Real Madrid merekrut Thibaut Courtois dari Chelsea di musim panas 2018. Navas kini menyandang status kiper pilihan kedua terbaik di Eropa saat ini.

Berikut 4 kiper cadangan terbaik di Eropa saat ini seperti dikutip dari Sokka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Gianluigi Buffon- PSG

Kiper kedua Paris Saint-Germain (PSG) Gianluigi Buffon lebih menikmati posisinya saat in. Sebab, ia telah memainkan jumlah pertandingan yang hampi sama dengan kiper pilihan pertama, Alphonse Areola.

Legenda Italia berusia 41 tahun tersebut bergabung dengan PSG pada musim panas 2018. Keputusan itu sangat mengejutkan karena semua orang mengira Buffon akan pensiun setelah karier yang sukses bersama Juventus.

Namun, Buffon justru memutuskan menerima pinangan PSG. Dua bersaing dengan Areola yang masih berusia 25 tahun setiap pekan untuk posisi sebagai kiper utama.

Sejumlah laporan menyebutkan PSG akan menawari mantan kiper timnas Italia itu satu tahun kontrak lagi.

3 dari 5 halaman

3. Jasper Cillessen - Barcelona

Barcelona memiliki dua kiper papan atas. Mereka adalah Marc-Andre ter Stegen dan Jasper Cillessen. Untuk mengakomodasi kebutuan bermain, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengambil kebijakan rotasi.

Ter Stegen bermain di semua pertandingan Liga Spanyol dan Liga Champions. Sedangkan Cillessen hanya bermain di Copa del Rey.

Namun, para pakar mempertanyakan kebijakan itu. Pasalnya, kiper timnas Belanda itu bisa pindah ke klub papan atas lainnya untuk mendapatkan waktu bermain yang teratur.

4 dari 5 halaman

2. Sergio Romero - Manchester United

Sergio Romero tidak diragukan lagi merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Louis van Gaal memboyongnya ke Old Trafford secara gratis pada 2015 setelah kontraknya di Sampdoria berakhir.

Namun, Romero harus puas menjadi kiper nomor dua di Manchester United. Kiper timnas Argentina itu kalah bersaing dengan David De Gea.

Meski begitu, Romero tidak pernah tampil mengecewakan setiap kali mendapatkan kesempatan di kompetisi lain. Kiper berusia 31 tahun itu tampil mengesankan saat MU mengalahkan Arsenal 3-1 pada Piala FA, 26 Januari lalu.

5 dari 5 halaman

1. Keylor Navas - Real Madrid

Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2014/15, Keylor Navas telah mengangkat 11 piala, termasuk 3 trofi Liga Champions. Pada periode yang sama, kiper asal Kosta Rika itu bermain 152 pertandingan di semua kompetisi.

Pada musim panas 2015, Real Madrid ingin merekrut kiper Manchester United David De Gea. Namun, rencana itu gagal karena keterlambatan pengiriman dokumen yang diperlukan.

Tapi, pada musim panas 2018, Real Madrid mendatangkan Thibaut Courtois dari Chelsea. Kehadiran kiper asal Belgia tersebut membuat Navas kehilangan posisinya. Navas baru memainkan tiga pertandingan di Liga Spanyol.

Dijaga Courtois, gawang Real Madrid lebih banyak kebobolan. Tapi, Presiden Real Madrid Fiorentio Perez ingin kiper berusia 26 tahun terus dimainkan di setiap pertandingan.

Navas pun hanya bisa menonton tanpa daya dari bangku cadangan. Namun, tidak diragukan lagi dia merupakan kiper pilihan kedua terbaik di Eropa saat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.