Sukses

Piala Asia 2019: Tiongkok Gagal ke Semifinal, Lippi Angkat Koper

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok harus angkat koper dari Piala Asia 2019. Langkah Negeri Tirai Bambu terhenti pada babak perempat final usai menyerah 0-3 dari Timnas Iran, Kamis malam (24/1/2019). 

Hasil ini sekaligus menjadi tiket pulang Marcello Lippi. Pelatih asal Italia itu juga memutuskan angkat koper dari timnas Tiongkok usai kekalahan di Abu Dhabi tersebut. 

"Pertandingan ini menjadi akhir kontrak saya bersama Timnas Tiongkok," kata Lippi setelah pertandingan seperti dilansir FourFour Two. "Sebuah kehormatan bisa melatih tim dari negara yang begitu penting seperti Tiongkok," ujar mantan pelatih timnas Italia itu. 

Lippi saat ini sudah berusia 70 tahun. Sebelumnya, Lippi sempat membawa Itlia menjuarai Piala Dunia 2006. Kiprahnya di sepak bola Tiongkok berawal pada tahun 2012 lalu. Mantan pelatih Juventus itu membawa Guangzhou Evergrande tiga kali juara Liga Super China.

Selanjutnya dia dipercaya menangani timnas Tiongkok sejak 2016 dan dipercaya memimpin Tiongkok di Piala Asia 2019. "Saya sudah berusaha sekuat tenaga selama periode ini dan tim ini mengalami perningkatan dan semakin baik. Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung saya," kata Lippi.  

"Mungkin banyak yang berharap hasil akhir menghadapi Iran. Tapi bagi saya, pertandingan itu di luar dugaan sebab kami tidak dapat menghindari kesalahan seperti ini," bebernya. 

 

2 dari 2 halaman

Puji Pemain Tiongkok

Bertanding di Stadion Mohammed Bin Zayed Stadium, Iran sebenarnya tidak terlalu dominan atas Tiongkok. Namun kesalahan yang dilakukan tim lawan berhasil dimaksimalkan Iran. 

Iran akhirnya unggul pada menit ke-18 lewat Mehdi Taremi. Selanjutnya Sardar Azmoun menggandakan keunggulan Iran pada menit ke-30. Sementara gol ketiga Iran dicetak oleh Karim Ansarifard pada masa injury time. Skor 3-0 pun bertahan hingga laga usai. 

"Iran tim kuat dan Anda tidak bisa melakukan kesalahan dan memberi mereka gol seperti itu. Ini tentang kehilangan konsentrasi. Ini memang laga yang sulit, tapi Anda seharusnya tidak kalah dengan cara seperti ini," kata Lippi.

"Saya ingin berterima kasih kepada pemain yang sudah berusaha dan tampil baik selama Piala Asia. Beberapa kali kami tampil hebat, meski akhirnya gagal masuk empat besar."

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala Asia 2019 Hari Ini, Dua Partai Seru Perempat Final
Artikel Selanjutnya
Piala Asia 2019: Iran ke Semifinal Piala Asia 2019