Sukses

Final Liga 2: Fakta Menarik PSS Sleman vs Semen Padang

Duel ini akan dilangsungkan di Stadion Pakansari, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Babak final Liga 2 Indonesia musim ini mempertemukan PSS Sleman melawan Semen Padang. Duel ini akan dilangsungkan di Stadion Pakansari, Bogor, pada Selasa (4/12/2018). Pertandingan tersebut merupakan laga penuh gengsi demi memunculkan siapa tim terbaik dalam kompetisi Liga 2 2018.

PSS Sleman melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Kalteng Putra di semifinal Liga 2 dengan agregat 2-0. Di leg pertama PSS Sleman bermain imbang 0-0 dan menang 2-0 di leg kedua. Cristian 'El Loco' Gonzales menjadi pahlawan PSS Sleman lewat brace yang dikemasnya pada menit ke-11 dan 54.

Semen Padang juga berhasil lolos usai mengandaskan perlawanan Persita Tangerang dengan agregat 3-2. Semen Padang membalikkan keadaan setelah pada leg pertama kalah 0-1 dengan memetik kemenangan 3-1 di leg kedua. Tiga gol Kabau Sirah diciptakan Rizki Novriansyah pada menit ke-32, Afriansyah menit ke-36, dan Irsyad Maulana menit ke-60. Dengan kemenangan pada leg kedua semifinal Liga 2 2018, seluruh pemain Semen Padang pun mendapat bonus spesial.

Selain tampil dalam laga final Liga 2, atas hasil tersebut, Semen Padang dan PSS Sleman memastikan langkah untuk promosi ke Liga 1 musim depan. Satu tiket tersisa akan diperebutkan Persita Tangerang dan Kalteng Putra FC pada pertandingan perebutan tempat ketiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Christian Gonzales vs Riski Novriansyah

Sejauh ini, Semen Padang memiliki catatan yang bagus dengan mengoleksi 3 kemenangan dan hanya menelan dua kekalahan dari lima laga terkahir. Sedangkan dari PSS Sleman, sejauh ini memiliki catatan nyaris sempurna dengan hanya menelan sekali kalah dan sekali imbang dari lima laga terakhir.

Melihat performa selama laga Liga 2, PSS Sleman terlihat mendominasi dan menjadi tim yang cukup diunggulkan dalam pertandingan ini. PSS Sleman akan mengandalkan Cristian Gonzales untuk membobol gawang lawan. Di usia 42 tahun, performa El Loco masih menggila. Tercatat ia sudah mencetak 14 gol dalam 13 pertandingan. Meski sudah berumur, namun kehadiran Gonzales bisa masih sangat membahayakan dan bisa mengubur mimpi juara Semen Padang.

Kendati demikian, Semen Padang tetap berpotensi untuk memberikan perlawanan. Para pemain sudah siap menghadirkan mimpi buruk untuk PSS Sleman. Satu di antara sosok yang akan menjadi pusat perhatian di kubu PSS adalah bomber Semen Padang, Riski Novriansyah.

Pertemuan final Liga 2 ini menjadi ajang reuni bagi Riski Novriansyah yang cukup lama menjadi bintang bagi PSS. Dua musim lamanya Riski Novriansyah menghabiskan waktu bermain untuk Elang Jawa. Mantan striker Sriwijaya FC itu hampir tak tergantikan sebagai ujung tombak tunggal milik tim Elang Jawa pada musim 2016 dan 2017.

Selain diperkuat Riski Novriansyah, klub asal Sumatra Barat ini juga memiliki nyawa permainan di lini tengahnya, yakni Irsyad Maulana, yang menjadi kekuatan tersendiri.

3 dari 5 halaman

Rekam Jejak Semen Padang dan PSS Sleman di Liga 2

Ditilik dari performa permainan selama Liga 2 2018, Semen Padang dan PSS sama-sama mencatatkan hasil luar biasa. Mulai babak penyisihan, fase 8 besar hingga semifinal Liga 2.

Baik Semen Padang dan PSS sama-sama mengunci juara grup pada fase penyisihan. Kabau Sirah juara Wilayah Barat dengan mengoleksi poin 39 poin hasil dari 12 kali menang, 3 imbang, dan 7 kali kekalahan.

Sementara PSS juga bertengger di posisi teratas Wilayah Timur dengan mencatatkan 43 angka hasil raihan 14 kali menang, 1 kali imbang, dan 7 kekalahan.

Masuk ke fase 8 besar Liga 2, kedua tim kembali memuncaki grup masing-masing. Semen Padang juara grup A dengan poin 10. Hasil yang sama juga dibukukan PSS di Grup B, juga dengan 10 poin.

Di semifinal Liga 2, tim urang awak unggul agregat 3-2 dari Persita Tangerang dan PSS menang agregat 2-0 dari Kalteng Putra.

Sebelumnya, Semen Padang terdegradasi dari Liga 1 2017. Hal ini membuatnya harus turun kasta dan berkompetisi di Liga 2 2018.

Sedangkan PSS Sleman terakhir kali bermain di level tertinggi pada 2013 ketika terjadi dualisme kompetisi.

4 dari 5 halaman

Sejarah pertemuan PSS Sleman vs Semen Padang di Liga 2

Liga 2 24/04/07 PSS Sleman 1 – 0 Semen Padang

Liga 2 03/07/05 Semen Padang 0 – 0 PSS Sleman

Liga 2 19/03/05 PSS Sleman 1 – 0 Semen Padang

Liga 2 29/09/04 Semen Padang 0 – 1 PSS Sleman

Liga 2 22/02/04 PSS Sleman 1 – 0 Semen Padang

 

Prakiraan susunan pemain PSS Sleman vs Semen Padang

PSS Sleman: Ega Rizky; Bagus, Gufron, Zamzani, Dewa; Dave Mustaine, Amarzukih, Ichsan Maulana; Rifal Lastori, Cristian Gonzales, Rangga Muslim.

Pelatih: Seto Nurdiantoro

Semen Padang: Rendi Oscario; Novrianto, Ngurah Nanak, Hengki Ardiles, Leo Guntara; Fridolin Yoku, Rudi, Manda Cingi; Afriansyah, Irsyad Maulana, Risky Novriansah

Pelatih: Syafrianto Rusli

5 dari 5 halaman

Fakta menarik PSS Sleman vs Semen Padang di Liga Indonesia

1. Dari lima pertemuan, PSS Sleman menang empat kali atas Semen Padang.

2. Pada tahun 2005 dalam laga di Liga 2, Semen Padang berhasil menahan imbang PSS Sleman dengan skor 0-0.

3. PSS Sleman selalu memetik kemenangan saat bermain di kandang.

4. Laga final Liga 2 menjadi ajang reuni Riski Novriansyah dengan PSS Sleman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini