Sukses

MotoGP: Valentino Rossi Nantikan Kontribusi Pembalap Penguji Baru Yamaha

Liputan6.com, Valencia - Merapatnya Jonas Folger sebagai pembalap penguji Yamaha untuk MotoGP 2019 sesuai dengan keinginan Valentino Rossi. Ya, The Doctor selalu mendesak agar tim Garpu Tala memiliki sosok berpengalaman untuk jadi pembalap penguji.

Sejatinya, Valentino Rossi sudah cukup lama agar Yamaha segera memiliki pembalap penguji top di kelas MotoGP. Menurut The Doctor, hal itu yang ikut mempengaruhi penurunan performa Yamaha dalam dua tahun terakhir.

Sebelum kesuksesan Maverick Vinales pada MotoGP Australia 2018, mereka sempat setahun melewati balapan tanpa kemenangan. Salah satu penyebabnya adalah karena Yamaha tak memiliki pembalap penguji yang hebat hingga akhirnya mereka menunjuk sosok Folger.

Valentino Rossi menilai penunjukkan Folger sebagai indikasi positif Yamaha di MotoGP 2019. Seperti diketahui, Yamaha bertekad menyaingi kecepatan Honda dan Ducati yang mendominasi persaingan dalam dua musim terakhir.

"Pembalap penguji di MotoGP sangat penting. Saya pikir sangat penting untuk memiliki pembalap seperti Folger karena ia berbakat dan telah mengendarai Yamaha. Jadi, ia bisa membawanya ke batas seperti pembalap utama. Saya sangat senang ia bersama kami," tutur Rossi, dikutip Tuttomotoriweb.

 

2 dari 2 halaman

Sosok Tepat

Sebelumnya, Folger harus melewati MotoGP 2018 dengan status pengangguran. Itu karena ia terpaksa absen di musim 2018 akibat sakit yang dideritanya. Posisinya sebagai pembalap Yamaha Tech 3 digantikan Hafizh Syahrin.

Meski sudah tak lama membalap, pengalamannya tetap akan berguna bagi Yamaha. Di musim 2017, sebagai seorang rookie, ia finis di urutan ke-10 di klasemen pembalap dari 13 balapan. Rapor terbaiknya adalah finis sebagai runner-up MotoGP Jerman 2017.

Kebetulan, Tech 3 tak akan lagi jadi bagian Yamaha di musim depan. Mereka sudah menjalin kontrak untuk jadi bagian KTM. Itulah mengapa Yamaha menjadikan Folger sebagai pilihan yang tepat.