Sukses

3 Pemain Indonesia di Liga Thailand dan Absen di Piala AFF 2018

Jakarta - Tidak selamanya, bermain di luar negeri memuluskan langkah seorang pemain ke Timnas Indonesia. Buktinya, ada tiga pemain Indonesia yang merumput di Liga Thailand, namun absen di Piala AFF 2018.

Dalam 23 pemain yang diboyong pelatih Timnas Indonesia ke Piala AFF 2018, hanya dua nama yang berkarier di luar neger. Mereka adalah Evan Dimas yang berseragam Selangor FA dan Andik Vermansah yang berkiprah bersama Kedah FA

Sisanya merupakan pemain yang bermain untuk klub-klub Liga 1. Pelatih Bima Sakti punya alasan khusus tak menyertakan nama-nama lain untuk skuatnya di Piala AFF edisi kali ini.

Nama-nama yang diboyong Bima Sakti merupakan pemain warisan pelatih terdahulu, Luis Milla. Pemain-pemain itu adalah lanjutan skuat SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Alasan itu pula membuat nama-nama pemain Indonesia yang bermain di Liga Thailand tereliminasi dari pengamatan Bima Sakti. Lantas siapa saja pemain Indonesia yang bermain di Negeri Gajah Putih dan tidak dipanggil Timnas Indoensia untuk Piala AFF 2018?

Berikut ini tiga pemain yang bermain di Liga Thailand dan absen membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Ryuji Utomo

Bek Indonesia, Ryuji Utomo, bermain untuk klub Thailand, PTT Rayong pada musim 2018. (Instagram/@ryujiutomo)

Ryuji Utomo berhasil membawa PTT Rayong promosi ke Thai League 1 2019. Pemain berusia 23 tahun itu tercatat tampil sebanyak 15 kali dan membantu PTT Rayong menjuarai Thai League 2 2018.

Namun, Ryuji Utomo tak mendapatkan kesempatan untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Namanya kalah bersaing dengan Hansamu Yama dan Fachrudin Aryanto di jantung pertahanan Tim Merah Putih.

Sejauh ini, Ryuji Utomo baru tampil sekali untuk Timnas senior Indonesia. Penampilannya lebih banyak bersama Timnas U-19 pada 2013-2014 dengan raihan 10 caps.

3 dari 4 halaman

Terens Puhiri

Terens Fuhiri bermain untuk klub Thailand, Port FC pada musim 2018. (Instagram/@terenspuhiri)

Teren Puhiri mendapatkan kesempatan bermain di Thai League 1 pada musim 2018. Dengan status pinjaman, pemain berusia 22 tahun itu mencatatkan 11 penampilan sekaligus mengantarkan klubnya, Port FC, finis di peringkat ketiga klasemen akhir.

Namun, pencapaiannya di klub Thailand ternyata luput dari pengamatan pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti. Namanya tak dimasukkan daftar 23 pemain yang tampil di Piala AFF 2018.

Hanya, memang menit bermain Terens di Port FC sangat minim. Dari 11 pertandingan, menit bermainnya hanya 161 saja.

Sepanjang kariernya, pemilik nama lengkap Terens Owang Puhiri belum pernah memperkuat Timnas senior. Pencapaiannya adalah bersama Timnas Indonesia U-19 rentang 2013-2014.

4 dari 4 halaman

Yanto Basna

Yanto Basna bermain untuk klub Thailand, Khonkaen, pada musim 2018. (Instagram/@yanto_basna)

Yanto Basna tampil dalam 26 pertandingan dari total 28 partai yang dijalani Khonkaen FC pada Thai League 2.

Menit bermain eks pemain Sriwijaya FC dan Persib Bandung itu mencapai total 2.296, dengan rataan menit main 88 Thai League 2 2018. Namun, jumlah itu tak cukup membantu Khon Kaen promosi ke Thai League 1 2018 karena finis di peringkat keempat.

Penampilan apik Yanto Basna juga tak mendapatkan perhatian dari pelatih Bima Sakti. Pemain yang berprofesi sebagai centre back itu kalah bersaing dengan Hansamu Yama dan Fachrudin Aryanto yang menghuni pos sama di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018.