Sukses

Langkah Persib ke Final Liga 1 U-19 Sempat Dikotori Teriakan Penonton

Persib Bandung U-19 lolos ke babak final Liga 1 U-19 2018.

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung selangkah lagi menuju juara Liga 1 U-19 musim ini. Maung Bandung muda tinggal menunggu calon pemenang duel antara Persija Jakarta dan PS Barito Putera yang akan bertanding  di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (16/11/2018). 

Persib melaju ke final setelah mengalahkan Borneo FC, 3-1, Kamis (15/11/2018). Duel ini sempat dihentikan pada menit ke-31 gara-gara teriakan bernada rasial dari penonton. 

Seperti dilansir situs resmi pihak penyelenggara, Liga Indonesia Baru (LIB), insiden bermula saat pengawas pertandingan dan general coordinator (GC) menemukan sikap kurang etis di salah satu tribune penonton berupa hujatan bernada rasis. Atas dasar ini, pengawas pertandingan lalu meminta kepada wasit untuk menghentikan sementara pertandingan. 

Lewat pengeras suara, pengawas pertandingan lalu memberitahukan alasan penghentian tersebut dan baru akan dilanjutkan bila teriakan rasis tersebut tidak terulang kembali.    

Saat itu, jumlah penonton yang hadir diperkirakan mencapai 13 ribu. Mendengar pengumuman tersebut, penonton pun terdiam. Bahkan sampai berakhirnya pertandingan, tidak ada lagi teriakan bernada rasial yang tedengar dari tribune penonton. 

"Kami senang dengan inisiatif yang ditunjukkan pengawas pertandingan dan general coordinator," kata Barry Timothy, ketua panpel babak semifinal dan final Liga 1 U-19 2018.

Mudah-mudahan ini menjadi sesuatu yang positif bagi sepak bola nasional. Terutama dampaknya bagi pembinaan usia muda,” ujar Barry menambahkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi El Clasico

Lolosnya Persib ke babak final membuka peluang terciptanya El Clasico di Liga 1 U-19. Sebab, Persija yang menjadi musuh bebuyutan Maung Bandung di kompetisi profesional juga berpeluang menempatkan wakilnya di partai puncak. Tentu saja dengan catatan, Macan Kemayoran muda berhasil mengalahkan PS Barito Putera di semifinal, sore ini. 

Babak final sejatinya bakal digelar akhir pekan ini, Senin (19/11/2018). Namun bila Persija berhasil lolos, bukan tidak mungkin final bakal diundur dan dipindah ke tempat lain. Ini mengingat potensi gesekan antarsuporter yang besar saat Persija dan Persib bertemu. 

 

Hasil dan Jadwal Semifinal Liga 1 U-19

Kamis (16/11/2018): Persib Bandung U-19 Vs Borneo FC U-19: 3-1

Jumat (17/11/2018): Persija Jakarta U-19 Vs PS Barito Putera U-19: ?

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.