Sukses

Di Piala AFF 2018, Vietnam Ingin Ciptakan Keajaiban

Liputan6.com, Jakarta Selain Timnas Indonesia, Vietnam tampaknya juga layak menyandang status sebagai tim yang sering sial di ajang Piala AFF. Meski selalu tampil memukau, The Golden Dragons baru sekali mencicipi gelar juara.

Setiap kali tampil di ajang Piala AFF, Vietnam selalu masuk dalam kandidat juara. Namun, entah mengapa keberuntungan jarang menghampiri mereka. Bahkan, dalam enam edisi terakhir, mereka sukses lima kali melaju ke semifinal, tapi hanya satu yang bisa dilanjutkan dengan jadi juara.

Pada Piala AFF 2016, nasib mereka pun terbilang tak beruntung. Tampil mengesankan sejak fase grup, langkah mereka malah dihentikan Indonesia dengan agregat 4-3. Tak heran jika untuk edisi kali ini ambisi Vietnam jadi juara begitu besar.

Pelatih Park Hang Seo pun telah memilih para pemain terbaik Vietnam untuk bertarung di Piala AFF 2018. Peluang mereka pun terbilang besar, bahkan kembali masuk daftar kandidat juara menurut berbagai pendapat tokoh-tokoh sepak bola.

"Piala AFF merupakan ajang yang selalu penting bagi Vietnam. Secara pribadi, alih-alih membuat penilaian soal Laos atau persiapan Vietnam, lebih baik berpikir untuk melakukan yang terbaik dalam 90 menit pertandingan," ujar kapten Vietnam, Nguyen Van Quyet, dikutip Vietnamnet.

 

2 dari 3 halaman

Skuat Berkualitas

Di Piala AFF 2018, Vietnam mengandalkan jebolan-jebolan Piala AFF 2016 Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai, Bui Tien Deng, hingga deretan penyerang energik Nguyen Van Quyet, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Anh Duc. Lalu, pelatih Park Hang-seo juga menyertakan para pemain Vietnam U-23.

Seperti diketahui, Vietnam U-23 baru saja membuat kejutan di Piala AFC U-23 2018 dengan melaju hingga babak final. Sayang, mimpi mereka untuk membawa pulang gelar harus kandas akibat kekalahan 1-2 dari Uzbekistan pada final yang dihelat hingga babak tambahan itu.

"Saya ingin menegaskan bahwa 23 pemain ini siap mempertahankan solidaritas. Dan saya ingin semua suporter berpegangan tangan untuk arah yang sama. Tujuannya adalah menciptakan keajaiban," Van Quyet menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Vietnam di Piala AFF 2018

08/11/2018: Laos vs Vietnam

16/11/2018: Vietnam vs Malaysia

20/11/2018: Myanmar vs Vietnam

24/11/2018: Vietnam vs Kamboja