Sukses

Qatar Terpukau Aksi Todd Rivaldo Ferre, Supersub Timnas Indonesia U-19

Todd Rivaldo mencetak hattrick untuk Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Jakarta - Todd Rivaldo Ferre adalah aktor di balik kejutan Timnas Indonesia U-19 yang nyaris menyamakan skor saat melawan Qatar. Pemain asal Papua itu memborong tiga dari empat gol Indonesia di babak kedua.

Awalnya, suporter Timnas Indonesia U-19 merasa pesimistis dengan hasil babak pertama matchday kedua Grup A Piala AFC U-19 melawan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018). Itu karena Indonesia tertinggal 1-4 saat jeda turun minum.

Empat gol Qatar ke gawang Timnas Indonesia U-19 dilesakkan Hashim Ali di menit ke-11, Abdulrasheed Umaru ke-14, ke-41, dan Mohammed Waad Albayati ke-24 yang hanya bisa dibalas gol Muhammad Luthfi Kamal ke-28. Bahkan, Qatar masih bisa menambah dua gol di babak kedua lewat Ali di menit ke-51 dan Umaru ke-56.

Dalam kondisi itu, pelatih Timnas Indonesia U-19 melakukan pergantian dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre sebagai pengganti Muhammad Rafli Mursalim di menit ke-56. Di luar dugaan, Todd Rivaldo yang justru jadi aktor kebangkitan semangat Garuda Nusantara.

Tak tanggung-tanggung, ia membukukan hattrick di menit ke-65, ke-73, dan ke-81. Gol pertamanya dicetak dari tendangan bebas. Sedangkan dua gol lainnya dihasilkan lewat aksi individu yang memukau. Bahkan, Qatar pun mengaku terkejut dengan aksi Todd Rivaldo Ferre.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkejut

"Kami sudah menduga akan ada sesuatu dari Indonesia karena mereka telah bekerja keras, ditambah dengan dukungan suporter. Indonesia punya pemain-pemain bagus dan kami tak terkejut mereka bisa cetak empat gol. Mereka punya pemain bagus seperti Todd yang bisa datang kapan saja dan mencetak gol. Tapi itu tidak cukup untuk mengejar ketertinggalan mereka," ujar asisten pelatih Qatar, Lino Godinho.

Berkat kemenangan atas Indonesia, Qatar pun dalam posisi bagus untuk bisa lolos ke babak 8 besar. Mereka akan menjalani laga terakhir Grup A dengan menghadapi Chinese Taipei di Stadion Pakansari, Rabu (24/10/2018).

"Di kompetisi adalah yang penting tetap berjuang. Di laga pertama dan kedua, kami telah mengerahkan kekuatan yang kami punya. Di laga tadi, nilai-nilai positifnya akan kami ulangi dan nilai-nilai negatifnya semoga tidak terjadi di laga selanjutnya," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.