Sukses

Australia Tak Anggap Enteng Timnas Indonesia U-16

Australia juga mewaspadai faktor dukungan yang didapat Timnas Indonesia U-16 di setiap laga.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Australia jadi lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia U-16 pada perempat final Piala AFC U-16 2018. Mereka lolos sebagai runner-up Grup D usai mengalahkan Afghanistan empat gol tanpa balas.

Melawan Afganistan di Stadion Petaling Jaya, Jumat (28/9/2018), kehebatan Australia benar-benar tak terbendung. Di babak pertama saja, mereka sudah unggul 3-0 atas Afghanistan lewat gol yang dilesakkan Joseph Roddy di menit kedelapan, ke-45+3, dan Noah Botic ke-24.

Di menit ke-61, Australia kembali menambah pundi-pundi golnya. Botic sukses mencetak gol keduanya usai memanfaatkan bola rebound hasil tendangannya sendiri. Pada akhirnya, Australia mampu mempertahankan keunggulan itu hingga pertandingan berakhir.

Berkat hasil ini, Australia pun memastikan tiket perempat final Piala AFC U-16 sebagai runner-up Grup D. Mereka mengoleksi enam poin setelah sebelumnya kalah 0-3 dari Korsel dan menang 2-1 dari Irak.

Pada babak perempat final, Australia akan mendapat tantangan dari Timnas Indonesia U-16 di Stadion Bukit Jalil, Senin (1/10/2018). Menurut pelatih Australia, Trevor Morgan, Indonesia adalah tim dengan kualitas yang bagus yang tak bisa dianggap enteng.

"Prioritas pertama adalah memenangkan pertandingan dan mencapai babak gugur, dan itu tercapai. Kami bermain dengan gaya untuk memberi kami lebih banyak peluang mencetak gol. Kami puas dengan hasilnya meski kami bisa melakukannya lebih baik," ujar Morgan, dikutip situs AFC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya Peluang

"Anda terkadang tidak melihat permainan yang mulus dan kami harus memperbaikinya. (Indonesia) adalah tim yang terstruktur dengan baik, dukungan besar, mereka memainkan sepak bola yang bagus. Kami akan memperbaiki lagi dari pertandingan ini," ia menambahkan.

Ya, meski di atas kertas Australia lebih diunggulkan, Timnas Indonesia U-16 tetap bukan lawan yang bisa dianggap enteng. Mereka telah membuktikan sebagai salah satu tim yang harus disegani di Piala AFC U-16 2018.

Bahkan, tim sekaliber Iran yang notabene runner-up Piala AFC U-16 2016 mampu dipermalukan 2-0. Anak asuh Fakhri Husaini juga bermain imbang 1-1 melawan Vietnam dan 0-0 melawan India hingga akhirnya jadi juara Grup C.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas U-16

Tanggal: 1 Oktober 2018

Jam: 15.30 WIB

Indonesia Vs Australia

Venue: Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.