Sukses

Pawai Obor, Bali Siap Dukung Asian Para Games 2018

Bali jadi salah satu tempat singgah obor Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Denpasar - Rangkaian pawai obor Asian Para Games 2018 kini sudah tiba di Denpasar, Bali. Pulau Dewata jadi destinasi dari pawai obor setelah berkeliling Makassar dan langsung menuju ke rumah jabatan Gubernur Bali, Jayasabha.

Setelah tiba pada Minggu (16/9/2018) pagi, obor Asian Para Games 2018 pun melalui Jalan Imam Bonjol, Jalan Gajah Mada, Sanur, dan dilepas di Monumen Bajra Sandhi. Setelah dari Monumen Bajra Sandhi di Renon, pawai obor kemudian melewati ikon Bali patung Garuda Wisnu Kencana di Nusa Dua. Pawai obor kemudian berakhir di Lapangan Renon.

Pawai obor Asian Para Games 2018 kali ini juga melibatkan beberapa tokoh. Mulai dari Gubernur Bali I Wayan Koster yang menyerahkan obor kepada Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari. Dari Raja Sapta, obor diserahkan kepada Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Obor dilanjutkan dengan diserahkan kepada Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan terakhir kepada atlet paralimpik Indonesia, Nyoman Oka. Menurut Wayan, Bali mengaku bangga jadi salah satu rute pawai obor Asian Para Games 2018.

"Pawai obor Asian Para Games tahun 2018 ini adalah suatu kehormatan bagi kami dan masyarakat Bali pada khususnya. Mudah-mudahan dilaksanakannya pawai obor ini bisa membawa semangat dan masyarakat Bali sangat mendukung agar berhasil penyelenggaraan Asian Para Games bagi Indonesia," kata Wayan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Euforia

Raja Sapta juga menyebut bahwa euforia Asian Para Games 2018 sudah mulai terasa di seluruh penjuru Indonesia. Ini juga tak lepas dari antusiasme masyarakat usai perhelatan Asian Games 2018.

"Selanjutnya, Indonesia akan buat sejarah baru, kurang dari 20 hari ke depan jadi tuan rumah Asian Para Games. Ini kegiatan yang pertama yang pernah dilakukan Indonesia. Bali Istimewa, karena kalau belum lewat Bali ada yang kurang. Pawai obor di Bali ini, sudah melewati Last Paradise of The World, seperti tulisan yang ada di Bandara," jelas Raja Sapta.

Menteri Sosial Agus Gumiwang juga merasa beruntung dan mengingatkan bahwa event sekelas Asian Para Games harus menjadi warisan bagi Indonesia. Dia yakin, dengan dukungan total pemerintah dan doa dari masyarakat Indonesia, khususnya Bali, ajang ini akan menuai sukses.

"Kami berharap Indonesia dan INAPGOC bisa menyelenggarakan event Asian Para Games ini sebaik-baiknya. Saya kira nantinya dunia internasional akan melihat kita sebagai negara yang sudah mempunyai standar-standar yang sangat bagus berkaitan dengan ramah disabilitas," Agus menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.