Sukses

Neymar Diminta Lebih Bertanggung Jawab Jadi Kapten Timnas Brasil

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Gilberto Silva meyakini ban kapten timnas Brasil akan membuat Neymar jadi pemain yang lebih bertanggung jawab. Menurut Silva, Neymar memang pantas dianggap sebagai pemain terbaik Brasil saat ini dan ban kapten tersebut layak dia kenakan.

Sebelumnya, ban kapten timnas Brasil dikenakan beberapa pemain. Pelatih Brasil Tite menerapkan kebijakan rotasi di Piala Dunia 2018 lalu. Pemain-pemain seperti Thiago Silva, Miranda, dan Marcelo bergantian menjadi kapten.

Tapi, kini Tite sudah menghapus kebijakan tersebut. Dia mengangkat Neymar sebagai kapten permanen Selecao. Ia berharap keputusan tersebut akan berdampak positif baik bagi sang pemain maupun bagi kebaikan tim Brasil sendiri.

Neymar terus dikritik selama Piala Dunia 2018 karena reaksi berlebihan saat dilanggar lawan. Kendati demikian, kini setelah menjadi kapten, Silva percaya Neymar akan berubah jadi lebih baik.

2 dari 3 halaman

Melindungi Neymar

Menurut Silva, keputusan menjadikan Neymar sebagai kapten permanen Brasil dilakukan juga untuk melindungi reputasinya. Selain itu, dengan ban kapten tersebut, Neymar juga diharapkan lebih memahami tanggung jawabnya sebagai pemain terbaik dalam tim Brasil.

"Saya percaya mereka (Brasil) ingin lebih melindungi Neymar karena kritik yang dia terima di Piala Dunia," kata Silva kepada fourfourtwo.

"Juga untuk mengingatkan dia bahwa dia memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk tim, untuk apa yang dia representasikan dalam dunia sepak bola."

3 dari 3 halaman

Fokus

Silva pun percaya Neymar masih memiliki banyak potensi yang belum berkembang sempurna. Dia menilai Neymar masih bisa jadi pemain yang jauh lebih baik dari kondisinya saat ini.

Karena itu, memberikan ban kapten pada Neymar dinilai sebagai keputusan yang sangat tepat. Neymar akan terus berkembang dan merasa bertanggung jawab pada statusnya sebagai kapten.

"Status kapten tersebut membantunya untuk memahami tanggung jawab sebagai sesuatu yang positif, sebagai perkembangan personal," ucap mantan pemain timnas Brasil itu.

"Penting untuk mempertahankan fokusnya dan mengabaikan kritik. Dia masih memiliki banyak hal yang bisa dilakukan dalam perkembangannya," tutup Silva.

Sumber: Bola.net

Loading
Artikel Selanjutnya
Urusan Endorse Instagram, Cristiano Ronaldo Ungguli Messi dan Kendall Jenner
Artikel Selanjutnya
Kabar Buruk, Neymar Absen Bela PSG 4 Pekan