Sukses

Termasuk Olahraga, Kemenpora Mulai Pencarian Pemuda Inspiratif di Lhokseumawe

Kemenpora inginkan output terbaik dari program pemuda inspiratif.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI akan memulai event Pemuda Inspiratif 2018 di Lhokseumawe, Nangroe Aceh Darussalam, pada Sabtu-Minggu (8-9/9) di lapangan Hiraq Lhokseumawe.

Kegiatan itu merupakan bentuk janji pemerintah dalam Nawacita Pesiden Joko Widodo. Kegiatan tersebut akan digelar di 8 provinsi dan 16 kota di Indonesia, dengan tujuan pertama adalah Kota Lhoksumawe.

Kegiatan ini akan mengumpulkan para pemuda berprestasi dengan kategori WNI dan berusia 16 hingga 30 tahun di setiap kota. Tujuan kegiatan Pemuda Inspiratif 2018, untuk mencari para pemuda kreatif dan punya prestasi.

Dengan ide dan prestasinya, dapat membuat inspirasi bagi masyarakat. Ini juga untuk memacu kreatifitas masyarakat atau pemuda yang punya potensi untuk berkembang. Untuk kegiatan utama ini, tim juri akan memilih dua peserta terbaik yakni 1 orang putra dan 1 orang putri untuk setiap kota. Nantinya kedua peserta terbaik ini akan dikirim ke Banten untuk bersaing di tingkat nasional.

Ada 9 kategori yang akan dilombakan oleh para peserta yaitu pariwisata, lingkungan, olahraga, musik, teknologi, wirausaha, pendidikan, kesehatan, dan pertanian. Peserta bebas memberikan ide, konsep, gagasan, atau bahkan produk yang berkaitan dengan salah satu kategori tersebut.

Nantinya penampilan peserta akan dinilai oleh juri. Bagi 1 putra dan 1 putri terbaik di setiap kota akan dikirim mengikuti penyisihan nasional untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan. Rencananya, kegiatan serupa juga akan digelar di Kota Banda Aceh pada Sabtu-Minggu tanggal 15-16 September 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Lain

Selain itu, kegiatan ini hadir di tengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan persatuan pemuda terhadap kebhinekaan, menjadikan kreativitas sebagai tembok pemerkokoh persatuan dan kemajuan bangsa, memberikan dampak berupa semangat patriotisme terhadap NKRI.

Dengan berdasar Undang-undang No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, kegiatan itu akan ditujukan kepada warga negara Indonesia dengan rentang usia 16-30 tahun. Kegiatan Pemuda Inspiratif 2018 akan dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terupakan.

Lebih spesifik kegiatan ini menyasar ke dalam lima bidang, yaitu kemajuan bangsa, kecintaan NKRI, semangat patriotisme, persatuan pemuda, kebudayaan.

Selain kegiatan utama, tim panitia Pemuda Inspiratif juga akan menggelar kegiatan hiburan lainnya, seperti lomba Paskibra, kompetisi band dan kompetisi dance.

 

3 dari 3 halaman

Kejar Output Terbaik

Menpora Imam Nahrawi menyebut program ini sebagai program prioritas Kemenpora. Dia berharap program ini bisa berjalan sukses, tidak sekadar program berjalan, tapi juga menghasilkan output yang baik.

"Saya berharap, benar-benar lahir pemuda yang memberikan inspirasi. Jumlah pemuda yang besar, adalah bonus demografi Indonesia. Ini harus menjadi keunggulan Indonesia di masa depan," kata Menteri 44 tahun tersebut.

Sementara itu, Asisten Deputi Kreativitas Pemuda Djunaedi juga yakin, dengan bidang-bidang insipiratif yang dilombakan, bakal lahir pemuda bertalenta.

"Kami harap banyak pemuda yang mendaftar di 8 provinsi nanti. Mari tunjukkan talenta pemuda Indonesia yang menginspirasi," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.