Sukses

MotoGP: Marquez Sebut Sirkuit Red Bull Ring Ibarat Medan Pertempuran

Ini merupakan kali pertama Marquez merebut posisi terdepan pada balapan di MotoGP Austria.

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez kembali mengukir prestasi jelang balapan di MotoGP Austria, Minggu (12/8/2018). Rekor yang baru saja dibuatnya itu terkait keberhasilannya merebut pole position setelah membukukan waktu 1 menit 23. 241 detik pada kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, kemarin.

Ini merupakan kali pertama Marquez merebut posisi terdepan pada balapan di MotoGP Austria. Secara keseluruhan pembalap Repsol Honda itu telah mengumpulkan 69 pole position sepanjang kariernya.

Keberhasilan ini sekaligus memberikan peringatan kepada pembalap Ducati bahwa kecepatan tunggangan The Baby Alien masih mampu bersaing dengan Desmosedici GP18. Pasalnya, Marquez hanya kecolongan untuk membukukan waktu tercepat dari Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo di latihan bebas pertama (FP1).

Selebihnya, di latihan bebas kedua (FP2), ketiga (FP3), keempat (FP4), hingga kualifikasi, pemilik nomor 93 itu sukses mengikis keperkasaan motor pabrikan Italia. Kendati demikian, Marquez wajib mewaspadai pembalap Ducati mengingat waktu di kualifikasi tidak terlalu jauh.

Dovizioso tertinggal (0.002 detik), Lorenzo (0.135 detik), dan Petrucci (0.260 detik). Ini bakal menjadi pertempuran yang sulit buat Marquez mengingat tiga pembalap tersebut menguntit dari posisi kedua, ketiga, dan keempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertempuran Sengit

Diprediksi ini bakal menjadi medan pertempuran yang sengit buat Marquez. Sebab, dalam dua musim terakhir pembalap Ducati selalu menang di Sirkuit Red Bull Ring.

"Saya senang karena saya merasa kompetitif sepanjang akhir pekan. Saya membuat perubahan kecil di FP1 dan ini memungkinkan saya untuk menjadi cepat. Meskipun kondisi campuran, saya sudah cepat, terutama di FP4," tutur Marquez seperti dikutip dari GPOne.

"Ini adalah wilayah Ducati, jadi kami akan berusaha menjadi kuat. Pemanasan akan menjadi kunci untuk memahami ban dan melakukan perubahan akhir. Saya memiliki sensasi yang baik dengan solusi ban lembut dan menengah, tetapi harus lebih panas besok (hari ini)."

3 dari 3 halaman

Sensasi

Disinggung apakah Marquez akan bermain aman seperti yang dilakukan di Brno?

Marquez menjawab akan melihat sensasi apa yang dimiliki selama balapan. Jika memungkinkan, kata dia, jawara MotoGP empat kali itu bakal mempertahankan posisi pertama.

"Saya akan melihat sensasi apa yang saya miliki dalam balapan dan mencoba untuk tetap berada di depan jika memungkinkan. Jika saya bertarung dengan Dovi dan Jorge di lap terakhir, saya akan mencoba, menggunakan pikiran saya, karena saya memimpin kejuaraan dan lebih baik kehilangan lima poin daripada dua puluh lima," imbuh Marquez. (David Permana)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.