Sukses

Peserta Pemecahan Rekor MURI Penyelam Wanita Terbanyak Lewati Target

Liputan6.com, Jakarta Animo pemecahan rekor MURI penyelaman massal wanita dan pengibaran bendera Merah Putih terpanjang di Laut Indonesia membludak. Pihak panitia terpaksa membatasi jumlah peserta demi menjaga keselamatan para penyelam yang ambil bagian.

Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi), Tri Suswati Tito Karnavian, dalam jumpa pers di Kawasan Mega Mas, Manado, Jumat (10/8/2018), menjelaskan, awalnya panitia menargetkan 500 peserta. Namun peminat bertambah hingga mencapai angka 935 peserta.

"Sempat 960 orang, tapi karena beberapa alasan, akhirnya jumlah penyelam yang ambil bagian 935 penyelam," kata Tri Suswati.

Menurut Tri, sebanyak 13 peserta mengundurkan diri. Namun panitia mendapat tambahan penyelam baru sebanyak 12 orang. Peserta yang batal ikut termasuk dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang baru-baru ini mengalami bencana alam gempa bumi.

"Ini di luar ekspektasi. Awalnya kami hanya menargetkan 500 orang saja. Kalau kami tidak menahan, jumlahnya bisa mencapai 1000 lebih. Banyak yang ingin ikut meski tidak punya sertifikat menyelam," ujar istri Kapolri, Tito Karnavian tersebut menamabahkan.

Keselamatan para penyelam menjadi prioritas panitia pemecahan rekor MURI. Menurut Tri, persiapan sudah matang. Semua titik penyelaman juga tidak berbeda dengan rencana awal.

Selain peserta dari dalam negeri, dua peserta juga tercatat dari luar Indonesia. Mereka berasal dari negara tetangga, Singapura. "Mereka sudah mendarat dan akan ambil bagian." 

 

1 dari 2 halaman

Keselamatan Peserta Nomor Satu

Meski jumlah peserta telah melebihi target, pihak panitia lebih memprioritaskan keselamatan para penyelam. Karena itu, selain fasilitas penunjang penyelaman, penangangan untuk situasi darurat juga sudah disiapkan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Keselamatan nomor satu. Kita berharap penyelaman sukses. Semua titik sudah siap, dan semua kita kerahkan," kata Tri Suswati. Selain penyelaman wanita dengan jumlah terbanyak, penyelam juga akan menciptakan rekor MURI mengibarkan bendera Merah Putih terpanjang di laut Indonesia dengan panjang keseluruhan mencapai 500 meter. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini: