Sukses

Transaksi e-Commerce Naik 25 Persen Selama Piala Dunia 2018

Transaksi di enam e-commerce besar di Indonesia disebut-sebut mengalami peningkatan 25 persen selama Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2018 teryata turut memberi dampak pada transaksi e-commerce.

Buktinya, di Indonesia dalam kurun waktu enam hari penyelenggaraan Piala Dunia, terjadi peningkatan sekitar 20-80 persen pada trafik kunjungan dan pageviews di enam e-commerce terbesar di Indonesia.

Keenam e-commerce tersebut antara lain adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, dan JD.ID. Berdasarkan keterangan tertulis dari Shopback yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (23/7/2018), jumlah kunjungan e-commerce di atas pun cenderung naik hingga berakhirnya Piala Dunia.

Tidak hanya kenaikan trafik, nilai transaksi pun meningkat hingga 27 persen selama satu bulan Piala Dunia 2018.

Hal ini terlihat dari histori transaksi yang terjadi di Shopback, sebuah platform untuk belanja online secara cermat dan bijak pada 15 Juni sampai 15 Juli 2018.

Shopback kini punya lebih dari 100 mitra e-commerce di Indonesia dengan lebih dari 2 juta pengguna yang aktif melakukan transaksi.

Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan mengatakan, biasanya seusai momen Ramadan, transaksi e-commerce cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan. Namun tidak demikian dengan tahun ini, jumlah transaksi di platform e-commerce rata-rata naik 25 persen.

"Ada dua faktor yang menjadi pemicu dari peningkatan ini, yakni daya beli masyarakat semakin meningkat, serta momen Piala Dunia yang dimanfaatkan pelaku e-commerce untuk merangkul lebih banyak pengguna dengan beragam promo,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produk yang Alami Peningkatan

Ada beberapa produk yang mengalami peningkatan signifikan, yakni fashion, pulsa, travel, mobile atau gadget, dan makanan.

Lebih lanjut Indra menyebut, makanan dan pulsa mengalami peningkatan tidak biasa.

"Kenaikan ini bisa saja terjadi karena pengaruh Piala Dunia, di mana masyarakat membutuhkan pulsa atau paket data untuk melakukan streaming negara favorit mereka atau berinteraksi di sosial media untuk menyemarakan euforia Piala Dunia,” ujarnya.

Sementara, untuk produk fashion, pencarian jersey bola cukup tinggi di berbagai platform e-commerce. Demikian berdasarkan data dari Alexa.com, 19,31 persen share voice keyword "jersey bola" di Indonesia ada di Tokopedia.

Sisanya muncul di berbagai platform e-commerce lainnya seperti Lazada (13,05 persen), Bukalapak (12,9 persen), JD.ID (7,53 persen), dan Blibli.com (5,43 persen).

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.