Sukses

Malaysia Andalkan Tim Pencetak Sejarah pada Asian Games 2018

Kuala Lumpur - Kurang dari satu bulan kick-off cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018, Malaysia merilis daftar pemain yang masuk skuat sementara untuk diboyong ke Indonesia.

Dari 24 nama yang dimasukkan daftar oleh pelatih Ong Kim Swee, ada 17 di antaranya merupakan pemain yang tampil di Piala AFC U-23 awal tahun ini.

Pada turnamen level Asia itu, Timnas Malaysia U-23 mencatatkan sejarah dengan melaju hingga perempat final. Pencapaian itu jadi yang pertama sepanjang sejarah sepak bola Negeri Jiran di kancah Piala AFC U-23.

Dari 24 nama sementara, terselip tiga pemain wild card (di atas usia 23 tahun). Dengan begitu, Malaysia memanfaatkan seluruh jatah pemain wild card

Tiga nama pemain wild card itu adalah mantan kapten Timnas Malaysia U-23 sekaligus rekan Andik Vermansah di Kedah FA saat ini, Baddrol Bakhtiar, langganan timnas senior, Aidil Zafuan, serta Rizal Ghazali.

Ong menyakini tiga pemain senior itu bakal memegang peranan penting di sektor tengah dan pertahanan selama bertempur di Indonesia, meski tetap percaya sepenuhnya pada pemain-pemain muda yang akan dipilihnya.

"Untuk kuota pemain melebihi usia (di atas usia 23 tahun), saya melihat Bakhtiar sebagai pemain serbabisa dan berpengalaman yang dapat bermain di posisi yang berbeda. Sementara Aidil, pemain bertahan yang memiliki banyak pengalaman dan kualitas kepemimpinan baik yang akan melayani tim dengan baik," tutur Ong.

"Rizal, di sisi lain, sama berpengalamannya dan bisa bermain dengan baik sebagai bek kanan atau bek sayap."

"Saya tak memanggil pemain di atas usia 23 tahun untuk posisi penyerang karena saya percaya di lini depan, kami punya pemain muda yang cakap, yang bisa memikul tanggung jawab sesuai tugasnya," kata Ong.

 

1 dari 2 halaman

Dua Uji Coba

Seluruh pemain yang dipanggil, 24 pemain, akan berkumpul mulai 30 Juli 2018. Selanjutnya tim akan bertolak menuju Changzhou, China, untuk beruji coba dengan Timnas China U-23 pada 5 Agustus 2018.

Timnas Malaysia U-23 di Piala AFC U-23 2018. (Bola.com/Dok. AFC)

Setelah itu, Timnas Malaysia U-23 proyeksi Asian Games 2018 kembali ke Malaysia dan melakoni uji coba kandang kontra Arab Saudi pada 9 Agustus 2018, yang jadi uji coba sekaligus persiapan terakhir, sebelum terbang menuju Indonesia.

24 pemain sementara Timnas Malaysia U-23 proyeksi Asian Games 2018

Haziq Nadzli, Ifwat Akmal Chek Kassim, Khatul Anuar Md Jalil, Dominic Tan, Adam Nor Azlin, Aidil Zafuan Abd Radzak, Rizal Ghazali, Matthew Davies, Irfan Zakaria, Syazwan Andik Ishak, Rodney Celvin Akwensivie, Syazwan Zaipol Bahari, Tommy Mawat Bada, Syamer Kutty Abba, Baddrol Bakhtiar, Nor Azam Azih, Faisal Abdul Halim, Danial Amier Norhisham, Nik Akif Syahiran Nik Mat, Safawi Rasid, Syafiq Ahmad, Hadi Fayyadh Abdul Razak, Jafri Firdaus Chew, N. Thanabalan

Sumber: AFC

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Pesta Rakyat Semarakkan Kirab Obor Pertamina
Artikel Selanjutnya
Jelang Asian Games 2018, Kondisi Ini yang Paling Dikeluhkan Media Asing