Sukses

Sandiaga Uno: Stadion untuk Persija Segera Dibangun

Stadion untuk Persija kabarnya bakal mulai dibangun pada akhir tahun nanti.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta mulai merealisasikan janji mereka untuk membangun stadion level internasional untuk Persija. Itu dimulai saat Wakil Gubernur DKI Jakarta meninjau lahan seluas 26,5 hektare untuk membangun Jakarta Internasional Stadion di kawasan Taman BMW, Jakarta Utara, Jumat (13/7/2018).

Biaya pembangunan stadion tersebut diperkirakan Rp2 triliun, dan akan terintegrasi dengan perumahan maupun juga fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Stadion itu akan menjadi rumah baru untuk Persija serta kegiatan olahraga lainnya.

Rencananya, pembangunan stadion untuk Persija ini akan memakai konsep pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Kita canangkan pembangunan stadion bertaraf internasional atau Jakarta International Stadium di lahan Jakarta Utara ini. Dan kita harapkan konsep KPBU merupakan suatu terobosan dimana tanpa menggunakan APBD," kata Sandiaga seperti dikutip antara.

"Jadi juga tadi sudah ada perwakilan dari masyarakat yang menyatakan nanti keinginannya untuk ada konservasi dari bayam. Karena ini disebut sebagai Kampung Bayam," ujarnya, menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai Akhir Tahun

Wagub sangat optimis dan ingin pembangunan bisa dimulai sebelum akhir tahun. Pembangunan stadion untuk Persija ini diperkirakan akan memakan waktu konstruksi selama 2,5 tahun.

"Karena sudah banyak sekali dipertanyakan oleh penggemar maupun juga pengurus Persija," katanya.

"Kalau ini memang sudah menjadi tuntutan masyarakat, tertulis di rencana kerja kita dan sudah ada di RPJMD kemarin kita masukkan. Jadi ini bagian dari kita mewujudkan tanpa membebani anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ucap Sandiaga.

3 dari 3 halaman

Tim Musafir

Sejak stadion Lebak Bulus dilebur untuk penggunaan terminal Mass Rapid Transport (MRT), Persija memang ibarat menjadi tim musafir. Kalau tidak mendapatkan izin, Persija bisa main di Solo, Sleman, Bogor atau Bekasi.

Untuk saat ini, Persija lebih banyak menggunakan stadion Gelora Bung Karno (GBK). Meski mahal, stadion ini lebih repsentatif dan bisa menampung banyak suporter Persija.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.