Sukses

Susah Payah Singkirkan Jepang, Martinez Puji Semangat Juang Belgia

Liputan6.com, Rostov-on-Don - Belgia harus susah payah melangkah ke perempat final Piala Dunia 2018. Mereka menyingkirkan Jepang dengan skor tipis 3-2 di Rostov Arena, Senin (2/7/2018) atau Selasa dini hari WIB.

Dalam laga ini, Belgia tertinggal dua gol lebih dahulu. Jepang membuka keunggulan pada menit ke-48. Genki Haraguchi mampu mendulang gol sehingga Thibaut Courtois memungut bola dari gawangnya.

Empat menit berselang, Belgia menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Takashi Inui yang mencatatkan nama di papan skor, mengingat bola hasil sepakkannya dari luar kotak penalti gagal dihentikan Courtois.

"Kenyataannya adalah kami sempat tertinggal 0-2 dan Anda harus menemukan solusi dan reaksi. Namun hal yang Anda butuhkan lebih dari apa pun adalah keinginan dan kebersamaan dari sekelompok pemain," kata pelatih Belgia, Roberto Martinez, dikutip dari Sports Mole.

Namun, Belgia tidak menyerah meski tertinggal dua gol. Belgia berhasil memperkecil ketertinggalan berkat bola hasil tandukkan Jan Vertonghen pada menit ke-69.

Lima menit berselang, suporter Jepang terbungkam karena Marouane Fellaini merobek gawang lawannya setelah menanduk bola kiriman Eden Hazard.

Laga berlangsung sengit menjelang menit-menit akhir. Suporter timnas Belgia pun bersorak berkat gol Nacer Chadli yang memanfaatkan skema serangan balik pada menit ke-90+4.

2 dari 3 halaman

Mengejutkan

Kemenangan ini tentunya mengejutkan. Pasalnya, Belgia menjadi tim pertama yang berhasil menang di fase knock out setelah tertinggal dua gol sejak Piala Dunia 1966. Ketika itu, Portugal menang 5-3 atas Korea Utara di perempat dinal Piala Dunia 1966.

"Jika Anda melihat statistik tidak ada banyak tim yang bisa menang setelah tertinggal 0-2 di Piala Dunia. Saya pikir ini adalah kepribadian, fokus, keinginan tim yang bagus," ujar Martinez.

"Melakukannya dalam 90 menit adalah pencapaian luar biasa."

 

3 dari 3 halaman

Jumpa Brasil

Di babak perempat final Piala Dunia 2018, Belgia berjumpa tim kuat, Brasil. Duel ini bakal dilangsungkan di Kazan Arena, Jumat (6/7/2018) atau Sabtu dini hari WIB.

Brasil bisa lolos dari babak 16 besar Piala Dunia setelah menyingkirkan Meksiko. Neymar dan kawan-kawan menang dua gol tanpa balas.

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Penjemputan WNI di Kapal Diamond Princess, Menkes Terawan Ungkap Harus Hati-hati
Artikel Selanjutnya
Cegah Virus Corona, Israel Larang Kunjungan Turis dari Jepang dan Korea Selatan