Sukses

Inggris Punya Rute Menguntungkan Menuju Final Piala Dunia 2018

Timnas Inggris dinilai memiliki rute menguntungkan ke final Piala Dunia 2018. Seperti apa?

Jakarta - Inggris dinilai memiliki rute menguntungkan ke final Piala Dunia 2018 setelah beberapa tim-tim besar telah tersingkir dari persaingan. 

Semula Jerman dan Spanyol diprediksi menjadi tim penjegal langkah Inggris pada fase knockout di pool bawah. Namun, Jerman sudah lebih dulu angkat koper setelah tersingkir di fase grup. 

Rute Inggris semakin menguntungkan setelah Spanyol juga terdepak. Di luar dugaan, Timnas Spanyol kalah adu penalti kontra Rusia di babak 16 besar.  

Timnas Inggris kini menjadi tim berperingkat tertinggi kedua di pool mereka, hanya kalah dari Swiss. Itu artinya, salah satu di antara Inggris, Kolombia, Swiss, Kroasia, atau Rusia akan menapak babak final pada 15 Juli.  

Namun, rekor Inggris di fase knockout kurang menjanjikan. Sejak mencapai semifinal pada Piala Dunia 1990, Inggris sudah dua kali keok di fase 16 besar, yaitu pada 1998 dan 2010. 

The Three Lions dua kali mencapai babak perempat final di periode tersebut, yaitu pada 2002 dan 2006. Sedangkan pada 1994, Inggris malah gagal lolos ke Piala Dunia dan pada 2014 tersingkir di fase grup. 

Mampukah Inggris lepas dari catatan buruk tersebut pada Piala Dunia 2018 ini? 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Mulus

Inggris akan memulai rute menguntungkan menuju final saat menghadapi Kolombia pada Rabu (4/7/2018) dini hari WIB. Rekor Kolombia di fase knockout bahkan lebih buruk dari Inggris. Klub asal Amerika Selatan itu hanya sekali lolos hingga perempat final, yaitu pada 2014. 

Jika mampu mengalahkan Kolombia, Inggris akan berjumpa dengan pemenang laga Swedia kontra Swiss. Swedia kali terakhir lolos semifinal pada 1994, sedangkan prestasi terbaik Swiss hanya lolos hingga babak 8 Besar. 

Bila Inggris masih terus melaju, lawan yang menunggu di semifinal antara Kroasia atau Rusia. Rusia pernah menembus semifinal pada 1998, adapun Rusia bahkan baru sekali ini berhasil lolos fase knockout sejak memisahkan diri dari Uni Soviet pada 1991. 

Swiss merupakan tim dengan peringkat terbaik pada pool ini, yaitu posisi keenam. Inggris menempati peringkat ke-12, diikuti Kolombia (16), Kroasia (20), Swedia (24), dan Rusia (70). 

Mampukah Timnas Inggris memaksimalkan skenario menguntungkan untuk meraih tiket ke final Piala Dunia 2018 tersebut? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.