Sukses

Julio Banuelos, Mantan Bek yang Jadi Pelatih Kiper Timnas Indonesia U-23

Bakal ada nama baru dalam staf kepelatihan timnas Indonesia U-23. Ya, dia adalah Julio Banuelos yang bakal menggantikan Eduardo Perez sebagai pelatih kiper.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal ada nama baru dalam staf kepelatihan timnas Indonesia U-23. Ya, dia adalah Julio Banuelos yang bakal menggantikan Eduardo Perez sebagai pelatih kiper.

Seperti diketahui, Perez memutuskan untuk mengundurkan diri. Pelatih berkepala botak itu kabarnya hengkang setelah menerima tawaran salah satu klub di Qatar.

Pengumuman mundurnya Perez dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria. PSSI menyebut Eduardo Perez mengajukan pengunduran diri setelah laga uji coba Timnas Indonesia U-23 kontra Korea Selatan U-23 pada Sabtu (23/6/2018).

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada coach Eduardo yang telah memberikan banyak ilmu dan manfaat untuk Timnas Indonesia maupun sepak bola Indonesia. Begitu coach Eduardo menyampaikan pengunduran diri, kami menunjuk Julio Banuelos sebagai pengganti sesuai rekomendasi tim pelatih Timnas Indonesia U-23," ujar Ratu Tisha.

"Persiapan Timnas U-23 tetap akan berjalan sesuai rencana. Kami rasa tak ada masalah berarti terkait penggantian pelatih kiper karena Julio juga punya kualitas dan semoga ini menjadi yang terbaik demi target di Asian Games nanti," kata Ratu Tisha menambahkan.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posisinya Bek

Julio Banuelos bakal menjabat sebagai pelatih kiper. Uniknya, saat masih aktif bermain, Banuelos ternyata berposisi sebagai bek.

Banuelos tercatat pernah menimba ilmu di akademi Real Madrid. Banuelos naik ke level senior mulai 1988 dengan membela sejumlah klub, seperti Mirandes, Zaragoza B, Maspalomas, Badalona, dan Balaguer.

Dunia kepelatihan pun bukan hal baru bagi Banuelos. Tercatat, ia pernah melatih lima tim seperti Alaves, Mirandes, dan Burgos.

3 dari 3 halaman

AEK Larnaca

Julio kemudian turun pangkat menjadi asisten pelatih saat bergabung ke klub Siprus, AEK Larnaca pada 2014-2016. Dari sana, ia melanjutkan karier sebagai asisten pelatih di APOEL, dan Leeds United.

Kini Julio akan mendapat tugas baru sebagai pelatih kiper di bawah komando Luis Milla dengan kontrak hingga Asian Games berakhir. Julio akan memulai melatih kiper Timnas Indonesia U-23 pada pemusatan latihan Juli mendatang. Pemusatan latihan itu rencananya digelar di Bali hingga menjelang Asian Games 2018 pada Agustus 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.