Sukses

Menpora Minta Dukungan MUI untuk Sukses Asian Games 2018

Menpora juga melibatkan para ulama se-Indonesia agar mendoakan event Asian Games 2018 sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin untuk meminta dukungan dan doa dari pemuka agama terkait penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games. Imam Nahrawi berharap MUI bisa keluarkan surat edaran kepada ulama untuk menyisipkan doa bagi kesuksesan event terbesar di Asia itu.

“Saya ingin MUI membantu kita membuat surat edaran kepada ulama-ulama di Indonesia untuk ikut menyisipkan doa bagi kesuksesan Indonesia di Asian Games dan Asian Para Games 2018, pada saat Khotbah Idul Fitri, Shalat Jumat, dan ceramah-ceramah keagamaan," ujar Imam seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

KH Maruf Amin menyambut baik keinginan Menpora. Dia mengatakan siap mengeluarkan surat edaran yang menghimbau ulama-ulama untuk ikut menyisipkan doa dalam setiap ceramah keagamaan yang dilakukan untuk kesuksesan Indonesia dalam Asian Games maupun Asian Para Games 2018 nanti.

"Kami sangat setuju dengan ide ini, dan akan segera membuat surat edarannya,” ucap Kyai Ma’ruf yang juga berharap event olahraga terbesar bangsa-bangsa di Asia ini bisa menjadi pemersatu bangsa-bangsa di Asia.

“Saya ingin event ini bisa menjadi alat pemersatu segala perbedaan diantara kita dan menjadi pemersatu bangsa-bangsa di Asia,’’ ucapnya lagi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Akhir

Dalam permohonan resminya, Menpora mengatakan, saat ini telah memasuki masa-masa akhir dari sisi penyelenggaraan maupun persiapan prestasi atlet. Maka itu dibutuhkan dukungan dari semua pihak diperlukan untuk kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Tentu setelah ikhtiar kita telah lakukan, venue kita bangun, infrastruktur kita perbaiki, pelatnas atlet kita kawal, try out dan uji coba kita lakukan untuk peningkatan kemampuan atlet, maka saatnya kita berserah diri kepada Allah, sambil terus berdoa, dan doa dari para ulama sudah barang tentu akan menguatkan semua ikhtiar yang telah kita lakukan itu," kata Imam menambahkan.

Ia mengatakan permohonan doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia yang diserukan melalui para pemuka agama, akan dilakukannya melalui seluruh lembaga yang menaungi para pemuka agama seperti Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), serta lembaga keagamaan lain di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Empat Sukses

Asian Games akan berlangsung pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018, sementara penyelenggaraan Asian Para Games 2018 berlangsung pada tanggal 6 hingga 13 Oktober 2018.

Terdapat 4 sukses yang dicanangkan oleh pemerintah, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi. Dari sisi prestasi, pemerintah sendiri telah mencanangkan target untuk masuk dalam urutan 10 besar dan menjadikan Asian Games dan Asian Para Games 2018 sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia di dunia olahraga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.