Sukses

Siapkah Real Madrid Kehilangan Ronaldo?

Real Madrid menghadapi masalah besar kalau Ronaldo hengkang.

Liputan6.com, Jakarta - Suka cita Real Madrid usai menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun pada Minggu, 27 Mei lalu ternoda. Ini dikarenakan oleh komentar tiba-tiba Cristiano Ronaldo yang menyiratkan ingin tinggalkan klub.

Ronaldo saat diwawancarai wartawan di zona campuran atau mix zone tiba-tiba mengatakan," Sangat menyenangkan sudah bisa bermain untuk Real Madrid." Ronaldo seakan berteka-teki. Dia seakan ingin kembali mengungkit soal kontraknya dengan Real Madrid.

Ronaldo adalah nyawa bagi Real Madrid. Banyak rekor yang diciptakan dan juga dipecahkan Ronaldo di Real Madrid. Dimana sebelumnya, itu sulit dilakukan oleh siapapun.

Ronaldo pun menjadi salah satu pemain tersukses di sejarah Liga Champions. Itu karena dia sudah mengoleksi 5 trofi "si Kuping Besar".Satu kali bersama MU (2007/08). Sedangkan empat lainnya bersama Real Madrid (2013–14, 2015–16, 2016–17, 2017–18).

Catatan ini membuat Ronaldo mengikuti jejak legenda AC Milan, Paulo Maldini. Bek tampan asal Italia ini juga sudah lima kali merebut gelar Liga Champions, yakni pada musim 1989, 1990, 1994, 2003, dan 2007. Seluruh gelar diraih Maldini bersama satu klub, AC Milan !

Maldini kini sudah pensiun. Namun Ronaldo masih berpeluang menyamai rekor Francisco Gento. Legenda Real Madrid itu mengemas 6 gelar (1956, 1957, 1958,1959, 1960 dan 1966). Dia hingga kini masih menjadi pemain dengan koleksi juara Liga atau Piala Champions terbanyak hingga kini.

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo sedang bingung apakah bakal melanjutkan kariernya di Real Madrid atau tidak (AP/Matthias Schrader)

Ronaldo pun kini menjelma menjadi raja gol sepanjang masa Real Madrid. Meski baru sembilan musim membela Los Blancos, Ronaldo sudah catatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan torehan total 450 gol di semua kompetisi.

Dengan sederet prestasi ini, apakah Real Madrid sudah siap kehilangan Cristiano Ronaldo? Zinedine Zidane juga tak sungkan untuk mencadangkan Ronaldo sejak resmi melatih Madrid pada 2016 lalu. Apakah Real Madrid siap?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makin Serius

Kabar yang berkembang menyebutkan, Ronaldo makin serius untuk hengkang dari stadion Bernabeu. Calciomercato melaporkan, Jorge Mendes selaku agen Ronaldo tengah berada di Paris.

Pria asal Portugal tersebut berencana membuka negosiasi dengan PSG terkait transfer Ronaldo. Media-media Portugal juga percaya Mendes dapat melabuhkan Ronaldo di PSG. Tim berjuluk Les Parisiens tersebut dianggap sebagai klub yang tepat untuk destinasi Ronaldo berikutnya.

Peluang Ronaldo pindah dari Madrid terbuka lebar. Dalam wawancara usai final Liga Champions melawan Liverpool, pemain berusia 33 tahun tersebut belum bisa memastikan masa depannya di Madrid.

Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, saat merayakan kemenangan Liga Champions di Monumen Cibeles, Madrid, Minggu (27/5/2018). Real Madrid menggelar pawai kemenangan bersama fans usai menjuarai Liga Champions 2018. (AP/Francisco Seco)

Kerabat dekat Ronaldo dan seorang jurnalis, Nuno Gomes mengatakan, sahabatnya itu sudah kecewa dengan Real Madrid. Ronaldo bukannya tidak betah di Real Madrid, tapi dia kecewa dengan klub memperlakukannya.

"Saya pikir Ronaldo tak akan pergi, tapi dia terganggu sekali dengan klaim manajemen Real Madrid yang akan memperbarui kontraknya. Seiring berjalannya waktu, tak ada yang terjadi," kata Gomes seperti dikutip Dailystar.

"Dia pemain terbaik di dunia. Jika Anda lihat gaji Ronaldo, dia masih dibayar di bawah standar. Padahal dia pengen kontrak seperti yang Barcelona lakukan kepada Xavi, iniesta dan Messi."

"Barcelona perpanjang kontrak mereka sedikit demi sedikit. Itu membuat Anda bahagia dan puas. Ronaldo dijanjikan akan dapat kontrak baru dan gajinya dinaikkan. Saat dia tanya klub soal itu, Madrid menjawab ini bukan waktu yang tepat," tuturnya.

Real Madrid belum menjelaskan mengapa tidak menepati janji mereka. Usia Ronaldo yang sudah menginjak 33 tahun boleh jadi salah satu pertimbangan mengapa Madrid tak mau jor-joran memberikan kontrak besar.

Saat Real Madrid merilis jersey anyar, Ronaldo menjadi satu-satunya pemain yang tak ikut sesi foto. Sinyal kepergiannya menjadi bertambah besar.

3 dari 3 halaman

Diperkeruh Bale

Tak hanya masalah Ronaldo, Real Madrid pun dibuat bingung dengan keinginan Gareth Bale yang menuntut kepastian menit bermain. Bale merasa tak pantas menjadi pemain cadangan di skuat Real Madrid.

Dalam satu bulan terakhir, Bale pun terus menunjukkan kualitasnya. Baik di Liga Spanyol atau Liga Champions, Bale membuktikan bisa membayar kepercayaan saat dimainkan Zidane.

Puncaknya terjadi saat striker asal Wales itu mencetak dua gol di final Liga Champions. Dua gol yang dicetaknya pun berkelas.

Jadi, tak hanya Ronaldo, Real Madrid pun terancam kehilangan Bale.Pandit La Liga, Guillem Balague, meyakini Bale masih mau bertahan. Itu bakal terjadi kalau Real Madrid menjadikannya sebagai starter.

Bale selalu menjawab setiap tantangan yang diberikan Zidane. Kalau belum juga mendapatkan posisi inti, Bale sudah memastikan tak akan bertahan lagi di Real Madrid.

Megabintang Real Madrid Cristiano Ronaldo tiba di hotel tempat skuad timnya menginap untuk penyelenggaraan laga final Liga Champions di Keiv, Kamis (24/5). Baik pemain dan pelatih Madrid mengenakan setelah jas yang rapi saat tiba. (AP/Sergei Grits)

Belakangan ini, Real Madrid mulai menunjukkan itikadnya untuk mempertahankan sang pemain. Menurut prediksi Balague, Bale akan bertahan jika klub sepakat untuk menjadikannya sebagai fokus serangan di musim depan.

"Akan ada pertemuan antara perwakilan dari Gareth Bale dan Real Madrid, seperti yang telah ia umumkan sendiri, tapi itu tidak akan terlaksana dalam setidaknya dua pekan," ujar Balague kepada Sky Sports News.

"Pesan yang ingin disampaikan atas nama Bale adalah dia ingin merasa jadi lebih penting. Tidak hanya dirinya ingin bermain, dia mau menjadi poros, fokus serangan Real Madrid," katanya.

Sebelumnya, Bale sudah mempertegas posisinya di Real Madrid. "Saya ingin main setiap pekan. Saya harus duduk dengan agen untuk bicarakan situasi ini," ujarnya.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez dikabarkan lebih mengkhawatirkan soal ancaman Bale ini. Perez tak mau pemain asal Wales ini disambar klub lain. Lalu bagaimana sikap Perez untuk Ronaldo?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.