Sukses

Piala Thomas 2018: Bungkam Goh / Tan, Kevin / Marcus Bawa Indonesia Samakan Kedudukan

Bangkok - Pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, menang atas wakil Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, dengan skor 21-19-, 20-22 dan 21-13 pada pertandingan kedua perempat final Piala Thomas 2018 di Bangkok, Kamis (24/5/2018).

Pada awal gim pertama, Kevin/Marcus langsung tancap gas. Mereka langsung meninggalkan Goh/Tan dengan keunggulan 7-3. Namun, Goh/Tan tak membiarkan Kevin/Marcus leluasa. Mereka mengejar hingga kedudukan 6-7. Bahkan, Goh/Tan menyamakan membalikkan keadaan dengan unggul 11-8 saat interval gim pertama.

Pasangan Malaysia seperti mendapat angin. Mereka balik mendominasi pertandingan. Goh/Tan tampak dengan mudah mendapatkan empat poin untuk unggul 15-8. Tak ingin terus tertekan, Kevin/Marcus kembali fokus. Alhasil, juara All England 2018 itu perlahan mengejar ketertinggalan menjadi 14-15. Kevin/Marcus bahkan berbalik unggul 16-15.

Saat momen krusial, mental Kevin/Marcus lebih teruji. Mereka selalu unggul dalam perolehan poin hingga kedudukan 20-19. Bola pengembalian dari Goh yang keluar lapangan membuat Kevin/Marcus menang 21-19 pada gim pertama.

Pada awal gim kedua, Goh/Tan mencoba untuk memegang kendali. Mereka unggul 5-2 atas Kevin/Marcus. Namun, Kevin/Marcus bangkit. Pasangan nomor satu dunia itu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 6-6.

Aksi saling mendapatkan angka terjadi. Kedua pasangan tak membiarkan lawan untuk unggul jauh. Saat jeda, Kevin/Marcus hanya unggul 11-10 atas Goh/Tan.

Setelah interval, giliran Goh/Tah yang berhasil unggul. Namun, Kevin/Marcus selalu sukses untuk menyamakan kedudukan hingga kedudukan 20-20. Kali ini, Goh/Tan lebih siap dalam memperebutkan dua poin penentuan. Bola hasil smes Marcus yang menyangkut di net memberikan kemenangan buat Goh/Tan pada gim kedua ini.

Pertandingan gim penentuan sempat dihentikan karena Marcus harus menerima perawatan medis. Lutut kaki kanan Marcus mengalami luka. Beruntung, Marcus masih bisa melanjutkan pertandingan.

Pada gim ini, Kevin/Marcus berada di atas angin. Mereka dengan mudah mendapatkan poin hingga unggul 8-2. Pasangan Indonesia itu menutup interval gim ketiga dengan keunggulan 11-3. Saat unggul jauh, 15-8, Kevin/Marcus seperti lengah dan kerap membuat kesalahan sendiri. Hal ini dimanfaatkan Goh/Tan, yang mulai mengejar ketertinggalan hingga kedudukan 11-15.

Namun, Kevin/Marcus tak ingin menyia-yiakan kesempatan yang ada. Mereka kembali menjauh berkat permainan apik di depan net dan smes keras. Mereka menutup gim ketiga ini dengan kemenangan 21-13.

Dengan hasil ini, Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lawan Malaysia pada perempat final Piala Thomas 2018. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting takuk dari Lee Chong Wei. Anthony menyerah 19-21 dan 16-21 dari mantan pemain nomor satu dunia tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.