Sukses

Piala Thomas 2018: Kevin / Marcus Kalah, Thailand Samakan Kedudukan

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal menyumbang poin pada laga kontra Thailand.

Bangkok - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon gagal menyumbangkan poin bagi Indonesia pada pertandingan Grup B Piala Thomas 2018 melawan Thailand, di Bangkok, Selasa (22/5/2018). Ganda nomor satu dunia tersebut takluk dari pasangan Thailand, Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet, 14-21, 21-13, 12-21. 

Kekalahan ini mengejutkan bagi Indonesia yang sangat berharap memperoleh poin dari ganda terkuat tersebut. Hasil tersebut menyudahi rekor Kevin/Marcus yang tak terkalahkan dalam 19 pertandingan beruntun. Bagi mereka, ini merupakan kekalahan pertama pada 2018. 

Gim pertama berjalan di luar dugaan. Setelah saling meraba kekuatan pada awal gim pertama, pasangan Thailand mampu memegang kendali pertandingan. Kittisak/Nipitphon dengan mudah meraih poin demi poin memanfaatkan permainan Kevin/Marcus yang masih ragu-ragu.

Ganda Thailand tersebut bahkan sempat unggul 10-4. Kevin/Marcus mencoba bangkit, namun Kittisak/Nipitphon masih unggul 11-6 saat interval.

Setelah interval, Kevin/Marcus mampu menambah satu poin. Namun, berikutnya servis Marcus dinggap salah oleh wasit. Pasangan Thailand mampu meraih tiga poin beruntun hingga skor menjadi 14-9.

Kevin/Marcus perlahan mengejar, dengan meningkatkan tempo serangan, margin mengecil jadi 12-15. Namun, lagi-lagi servis Marcus dianggap salah. Pertandingan masih berjalan ketat. Gim ini akhirnya dimenangi ganda Thailand dengan skor 21-14.

Gim kedua berjalan ketat sejak awal. Kevin/Marcus tak mau terlambat panas lagi, hingga unggul 8-4.

Kevin/Marcus tampil lebih padu, tapi masih beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Saat interval, pasangan berjuluk The Minions tersebut unggul 11-8. Dominasi Kevin/Marcus berlanjut setelah interval, hingga memenangi gim kedua dengan skor 21-13. 

Pada gim penentuan, Kevin/Marcus malah tertekan dan langsung tertinggal 0-4. Saat interval, mereka juga masih ketinggalan 6-11. 

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon benar-benar tak bisa keluar dari tekanan dan akhirnya menyerah dengan skor 12-21.

Dengan kekalahan ini, Indonesia menghadapi misi berat. Pada laga berikutnya di lanjutan Grup B Piala Thomas 2018, Indonesia menurunkan Ihsan Maulana Mustofa yang menghadapi Kantaphon Wangcharoen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.