Sukses

Telan 3 Kekalahan Beruntun, Persija Punya Masalah Fokus

Persija baru saja tersingkir dari Piala AFC 2018.

Liputan6.com, Jakarta Kekalahan dari Home United tidak hanya menghentikan langkah Persija Jakarta di Piala AFC 2018. Hasil itu juga melanjutkan tren buruk tim Macan Kemayoran. Tercatat, sudah tiga laga beruntun diakhiri dengan kekalahan.

Persija tersingkir di semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018. Menghadapi Home United pada leg kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018), anak asuh Stefano 'Teco' Cugurra itu menyerah 1-3.

Dengan hasil itu, Persija kalah agregat 3-6 dari Home United. Sebelumnya, Marko Simic dan kolega kalah 2-3 pada leg pertama di Jalan Besar Stadium. Jelas ini bukan hasil yang diinginkan, mengingat Persija lebih diunggulkan ketimbang Home United.

Sayang, Persija belum bisa memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam tiga laga terakhir. Masalah itu adalah kebobolan di menit-menit awal. Peran Rizky Darmawan dan Daryono sebagai pengganti Andritany Ardhiyasa belum memenuhi ekspektasi.

"Kita tiga kali kalah, kebobolan di menit awal, kita kurang konsentrasi," kata Teco usai pertandingan.

"Saya sudah bicara banyak dengan pemain. Saya terus instruksikan dalam sesi latihan. Saya minta harus lebih fokus dan hati-hati. Tapi, dalam sepak bola kesalahan kadang terjadi. Hari ini kita bikin kesalahan lagi," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Blunder

Gol pertama Home United yang dicetak Shahril Ishak tak lepas dari kesalahan Rizky. Bola yang seharusnya ditangkap dengan mudah justru terlepas dari genggamannya.

Di menit ke-12, ia memang sempat menghentikan penalti Ishak. Namun, bola tepisannya dengan mudah disambar Ishak untuk mencetak gol kedua.

Persija sempat menyamakan skor lewat penalti Marko Simic di menit ke-9. Namun, Home United menambah keunggulan lewat aksi Song Ui-Young di menit ke-44. Gol itu didapat Home United setelah Persija kehilangan Jaimerson Da Silva akibat diganjar kartu kuning kedua di menit ke-37.

"Saya harap tahun depan kami bisa lebih baik di level internasional, juga dengan penampilan dan mental. Kami tidak memiliki pengalaman. Kami memiliki tim yang berkualitas, tapi tak memiliki pengalaman," tegas Teco.

3 dari 3 halaman

Liga 1

Teco enggan larut dengan tersingkirnya Persija di Piala AFC 2018. Pelatih asal Brasil tersebut ingin timnya fokus di kompetisi domestik.

"Saya minta maaf karena kami gagal ke final. Tentu saja kami sedih, tetapi target tim di Piala AFC sudah tercapai," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.