Sukses

Laporkan ke PT LIB, Sriwijaya FC Nilai Mental Wasit Purba Jelek

Sriwijaya FC melaporkan wasit pertandingan melawan Persebaya ke PT LIB.

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya FC tidak puas dengan kepemimpinan wasit Rihendra Purba saat ditahan imbang 1-1 oleh Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (22/4/2018). Dampaknya tidak main-main. Tim berjuluk Laskar Wong Kito ini melaporkan sang pengadil pertandingan ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

"Benar, suratnya telah kami kirim ke PT LIB," ujar Sekretaris Sriwijaya FC, Achmad Haris, lewat pesan singkat kepada Liputan6.com.

Haris menilai, kepemimpinan wasit Purba berat sebelah saat Sriwijaya FC menghadapi Persebaya. Keputusan sang pengadil yang memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah disinyalir memancing kegeraman Laskar Wong Kito.

"Kita sama-sama melihat, kualitas dan netralitas wasit (Purba) kurang sekali," kata Haris.

Keinginan Haris, PT LIB dapat mengistirahatkan wasit Purba untuk sementara waktu. Selain itu, permintaan untuk perbaikan kualitas pengadil pertandingan juga diutarakannya.

"Mungkin keduanya. Sulit untuk maju sepak bola Indonesia kalau kualitas dan intregitas wasit seperti itu. Mentalnya jelek. Kita lakukan karena kita ingin sepak bola ini benar-benar baik dan hebat dari semua sisi," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegeraman Rahmad Darmawan

Konferensi pers setelah pertandingan melawan Persebaya menjadi wahana Rahmad Darmawan (RD) untuk mengeluarkan unek-uneknya. Pelatih Sriwijaya FC tersebut memberikan isyarat kecewa terhadap kepemimpinan wasit Purba.

Entah apa yang melatarbelakangi ketidakpuasan RD terhadap wasit Purba. Yang jelas, arsitek berusia 51 tahun tersebut menyindir pengadil pertandingan dengan gaya bahasa satir.

"Semoga keluarganya (wasit) juga diberikan keselamatan. Manajemen Sriwijaya FC juga telah mengajukan protes resmi terkait hal ini," ujar RD pada konferensi pers setelah pertandingan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Sriwijaya FC

Sabtu, 28 April 2018

Sriwijaya FC vs PSM Makassar

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.