Sukses

Lerby Siap Hadapi Persaingan di Timnas Indonesia U-23

Liputan6.com, Jakarta Munculnya nama Lerby Eliandry dalam daftar panggil pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 cukup mengejutkan. Maklum, striker Borneo FC itu sudah cukup lama tak mengarungi petualangan bersama Timnas Indonesia.

Tercatat, terakhir kali Lerby mengenakan seragam Timnas Indonesia adalah saat melawan Kamboja pada 4 Oktober 2017. Saat itu pun Lerby menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-1 Timnas di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Lerby sendiri mengisi slot tiga pemain senior yang dipersiapkan untuk tampil di Anniversary Cup 2018, 27 April-3 Mei 2018. Nantinya, Lerby akan jadi bagian skuat yang menghadapi Bahrain, Korea Utara, dan Uzbekistan di Stadion Pakansari.

Masalahnya, penyerang berusia 26 tahun itu tak akan mudah untuk mendapatkan tempat inti dalam skuat Timnas Indonesia U-23. Untuk posisi penyerang tengah, ia akan bersaing dengan striker Bali United, Ilija Spasojevic.

"Senang bisa kembali dipanggil. Saya berharap bisa banyak membantu di sini. Soal persaingan, namanya striker juga kebutuhan dari pelatih. Kita harus berusaha maksimal di setiap latihan. Perkara main atau tidak itu urusan pelatih," ujar Lerby di Lapangan ABC Senayan, Senin (23/4/2018).

 

2 dari 3 halaman

Rapor Lerby

Saat ini, Milla memang minim stok penyerang tengah untuk Timnas U-23. Pemain naturalisasi Ezra Walian tak mendapat panggilan. Tampaknya Milla ingin melihat secara langsung kualitas Lerby setelah tampil apik di level klub sejak Liga 1 2017.

Di musim lalu, pemain kelahiran Samarinda itu jadi salah satu striker lokal yang subur. Kompetitornya adalah Samsul Arif. Keduanya sama-sama mengemas 16 gol. Penyerang lokal yang mendekati rapor mereka hanya Ferdinand Sinaga dengan 12 gol.

"Lerby kita lihat performanya sangat bagus di kompetisi, coach Luis sangat percaya sama dia, Spaso juga seperti itu," kata asisten pelatih Timnas U-23, Bima Sakti.

Di musim ini, pemain berpostur 180 cm itu juga sudah mengemas dua gol dari lima pertandingan. Ia pun berharap bisa memberikan kontribusi saat diberi kepercayaan. Tujuannya adalah agar dirinya masuk dalam daftar skuat di Asian Games 2018.

"Yang pasti senang ya kembali dipanggil. Saya berharap bisa banyak membantu di sini. Setiap pemain ingin mendapatkan satu tempat di Asian Games. Tapi kembali lagi pada pelatih. Kita serahkan karena pelatih yang lebih tahu kebutuhannya seperti apa," Lerby menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Anniversary Cup 2018

Jumat, 27 April 2018

16.00 WIB: Uzbekistan vs Korea Utara

19.30 WIB: Indonesia vs Bahrain

Senin, 30 April 2018

16.00 WIB: Bahrain vs Uzbekistan

19.30 WIB: Indonesia vs Korea Utara

Kamis, 3 Mei 2018

16.00 WIB: Korea Utara vs Bahrain

19.30 WIB: Indonesia vs Uzbekistan

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Belum Hadir, Timnas Indonesia U-23 Tegaskan Butuh Andritany
Artikel Selanjutnya
Irfan Jaya Sakit Tifus, Timnas Indonesia U-23 Cari Pengganti