Sukses

Eks Gelandang MU Beber Rahasia Sukses Ferguson

Mantan Gelandang Manchester United (MU), Owen Hargreaves mengungkapkan salah satu kunci sukses Sir Alex Ferguson saat melatih MU.

Liputan6.com, Manchester - Mantan Gelandang Manchester United (MU), Owen Hargreaves mengungkapkan salah satu kunci sukses Sir Alex Ferguson saat melatih MU. Hargreaves mengatakan, Ferguson sangat suka permainan pikiran yang memotivasi para pemainnya.

"Saya ingat ketika pertama kali bergabung dengan MU. Kami sedang menjalani tur pramusim di Asia. Ferguson mengatakan, kita punya pemain dari negara yang berbeda, dan kita harus juara Liga dan Liga Champions. Lalu, dia menunjukkan amplop dan beberapa nama di dalamnya," kata Hargreaves seperti dilansir Manchester Evening News.

Hargreaves menambahkan, Ferguson akan bercerita kalau dia sudah menulis nama-nama pemain yang mungkin akan mengecewakannya. Tugas pemain, kata Hargreaves, adalah untuk memastikan namanya tak ada dalam daftar yang ditulis Ferguson tersebut.

Caranya, kata Hargreaves, para pemain harus bermain sekuat tenaga di setiap pertandingan. "Kemudian, semua pemain berlarian ke luar ruangan dan tak ingin membiarkan Ferguson kecewa," ujar Hargreaves.

Trik yang dilakukan Ferguson membuahkan hasil. Pada akhir musim 2007/08, MU sukses mempertahankan gelar juara Liga Inggris sekaligus meraih gelar juara Liga Champions.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Empat Musim

Hargreaves sendiri bermain bagi MU selama empat musim dari 2007 hingga 2011. Sayangnya, pria yang kini berusia 37 tahun itu lebih banyak absen karena menderita cedera.

Empat musim berkostum MU, Hargreaves hanya bermain 39 kali dan mencetak dua gol. Namun, Hargreaves sukses tercatat sebagai pemain MU yang mempersembahkan gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions di musim 2007/08.

Selepas membela MU, Hargreaves hengkang ke Manchester City. Namun, masalah cedera lagi-lagi membuatnya jarang bermain, hingga akhirnya pensiun dini.

3 dari 3 halaman

Tersukses

Di sisi lain, Sir Alex Ferguson tercatat sebagai manajer tersukses dalam sejarah MU. Menangani MU sejak 1986, Ferguson telah mempersembahkan 38 trofi bagi Setan Merah.

Ferguson pensiun sebagai manajer MU pada musim 2012/13. Sebagai penghargaan, MU membangun patung dirinya di salah satu area Stadion Old Trafford. Bukan hanya itu, namanya pun tersemat sebagai salah satu bagian dari tribun penonton Old Trafford.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Sir Alex Ferguson