Sukses

Hancurkan Kaltim, Sultra Kuasai Kejurnas Softball

Sultra juga merebut medali emas softball pada PON 2016.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sulawesi Tenggara berhasil merebut juara pertama Kejuaraan Nasional Softball 2018 di Yogyakarta. Pada laga final, Sultra membantai Kalimantan Timur 14-5, Minggu (1/4/2018).

"Ini kemenangan yang bagus. Sultra pantas menang karena bermaterikan pemain timnas yang akan ikut Kejuaraan Asia pada April ini di Jakarta," ujar Ketua Pengprov Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Sultra, Pahri Yamsul.

Pertandingan berlangsung hingga enam inning. Kedua tim bermain ketat hingga 5-5 pada inning kedua.

Namun, Sultra kemudian melaju setelah mantan pitcher nasional, Syaiful Nurdin, masuk. Mereka terus menambah poin dengan ditutup home run Erviyanto Tri Putra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bermaterikan Pemain Timnas

Sultra diperkuat tujuh pemain nasional. Selain Erviyanto, pemain lainnya adalah Abriyansah, Malikul Mulki Kentanadaku, Lucky Fidel, Rahman Yakin, Aditya Pratama, dan Heriyanto Badila.

Sementara Kalimantan Timur hanya memiliki dua pemain nasional, yakni Feriyanto dan Hermansyah. "Secara komposisi, tim Sultra lebih baik. Kami berharap pemain Sultra bisa maksimal membela Indonesia pada Kejuaraan Asia mendatang," ujar Pahri Yamsul.

3 dari 3 halaman

Kompetisi Terbesar usai PON XIX

Kejurnas ini merupakan penyelenggaraan terbesar sejak PON XIX 2016 Jawa Barat. Di softball, kejuaraan lebih sering mempertemukan klub. Pada turnamen itu, para peserta sering memakai pemain asing. Akibatnya, pemain nasional kesulitan mengukur kemampuan.

"Kita harap ajang ini membuat tim softball setiap provinsi bisa mengukur kekuatan masing-masing. Untuk PON ke depan harus sudah mengukur kekuatan dari sekarang," kata Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi PB Perbasasi, Ripuji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.