Sukses

Simic Sumbang 2 Gol, Persija Permalukan Arema

Tambahan tiga poin membawa Persija ke posisi dua klasemen Liga 1 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akhirnya meraih kemenangan pada Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Persija meraihnya setelah menaklukkan Arema FC 3-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Dua dari tiga gol Persija disumbangkan Marko Simic. Ini jadi pertanda keran gol Simic kembali terbuka setelah paceklik dalam tiga laga. Kemenangan atas Arema juga membawa Persija ke urutan kedua klasemen sementara Liga 1.

Macan Kemayoran langsung menekan di awal babak pertama. Lewat kedua sisi sayap, Persija mencoba menusuk pertahanan Arema. Peluang pertama langsung didapat di menit kelima lewat tendangan bebas menyusul pelanggaran terhadap Ramdani Lestaluhu. Namun, kesempatan itu gagal dimaksimalkan.

Rezaldi Hehanusa menciptakan peluang Persija di menit ketujuh. Ia melepaskan tendangan mendatar setelah mengambil bola hasil crossing Riko Simanjuntak. Sayang, arah bola masih bisa dibaca kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Di menit ke-10, giliran Arema yang mendapatkan peluang dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan tim Macan Kemayoran. Kali ini, eksekusi Balsa Bozovic mengarah tepat ke kiper Andritany Ardhiyasa.

Kedua tim saling menerapkan permainan terbuka. Namun, belum ada peluang emas yang benar-benar diciptakan kedua tim hingga menit ke-15. Tiga menit kemudian, Addison Alves melepaskan tendangan spekulasi dari jarak yang cukup jauh. Meski mengejutkan, arah bola masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Arema.

Di menit ke-23, ketegangan sempat melanda di area pertahanan Arema. Semua akibat dari manuver Riko. Ia sempat mengecoh satu pemain lawan, lalu mengoper bola ke arah Marko Simic. Sialnya, top scorer Piala Presiden 2018 itu masih belum mampu memaksimalkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gol Balasan

Semenit kemudian, Arema mendapat peluang lewat Thiago Furtuoso. Meski memiliki kontrol yang bagus, sepakannya masih mengarah ke atas gawang Persija. Kebuntuan di laga itu akhirnya terpecahkan di menit ke-27.

Adalah Simic yang jadi pemecah kebuntuan Persija. Serangan cepat Persija dilanjutkan dengan umpan mendatar Rezaldi yang dimaksimalkan Simic. Empat menit setelah gol Simic, pelatih Arema, Joko Susilo melakukan pergantian pemain. Dedik Setiawan masuk menggantikan Ridwan Tawainella.

Arema sukses menyamakan skor di menit ke-34. Berawal dari eksekusi tendangan bebas Balsa, Andritany melakukan tepisan yang menghasilkan bola liar. Bola langsung disambar Ahmet Atayew untuk mengkonversinya jadi gol.

Di sisa waktu, tempo permainan semakin meningkat. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit tanda jeda babak pertama.

 

3 dari 4 halaman

Babak Kedua

Pelatih Stefano 'Teco' Cugurra langsung melakukan pergantian pemain sebelum memulai babak kedua. Rohit Chand dimainkan menggantikan Fitra Ridwan. Kehadiran Rohit jelas ditujukan untuk menambah keseimbangan di lini tengah Persija.

Masuknya Rohit langsung memberikan dampak positif. Di menit ke-50, tekanan bertubi-tubi sempat dilancarkan kubu tuan rumah. Untungnya, lini belakang Arema tak panik. Namun, petaka kembali menghampiri Arema di menit ke-52.

Sepak pojok Ismed Sofyan sukses dilanjutkan Simic dengan sundulan mematikan. Tak ada satu pun pemain Arema yang mengawal pergerakan penyerang asal Kroasia tersebut hingga dengan mudah mencetak gol keduanya.

Di menit ke-55, Persija nyaris menambah keunggulan. Tendangan bebas Rezaldi disambut Jaimerson da Silva dengan sundulan. Namun, arah bola masih di atas mistar gawang tim Singo Edan. Di menit ke-60, giliran Arema yang mengancam. Tendangan bebas Balsa dilanjutkan Arthur Cunha dengan sundulan yang masih bisa ditangkap Andritany.

 

4 dari 4 halaman

Pastikan 3 Poin

Persija sempat kembali mencetak gol ketiga di menit ke-67. Tendangan bebas Ismed dimanfaatkan Jaime lewat sundulan. Namun, posisi Jaime saat menyundul dianggap offside. Sampai menit ke-75, Persija benar-benar mengurung Arema di pertahanannya sendiri.

Tim Macan Kemayoran kian di atas angin setelah mencetak gol ketiga di menit ke-82. Lagi, Ismed mengirimkan bola sepak pojok yang kali ini dikonversi Jaime dengan sundulan. Pada akhirnya, keunggulan 3-1 Persija bertahan hingga laga bubar.

Susunan Pemain

Persija (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Maman Abdurahman, Ismed Sofyan, Rezaldi Hehanusa, Jaimerson da Silva, Riko Simanjuntak, Sandi Sute, Fitra Ridwan (Rohit Chand 46), Ramdani Lestaluhu (Yan Pieter Nasadit 79), Addison Alves (Novri Setiawan 89), Marko Simic

Arema (4-4-2): Kurniawan Kartika Ajie; Bagas Adi Nugroho (Purwaka Yudi 69), Hanif Sjahbandi, Arthur Cunha, Johan Farizi, Ridwan Tawainela (Dedik Setiawan 31), Ahmet Atayev, Hendro Siswanto, Balsa Bozovic, Dendi Santoso, Thiago Furtuoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.