Sukses

MotoGP: Dengan M1 2018, Rossi Yakin Atasi Masalah Ban

Rossi optimistis Yamaha bisa tampil lebih baik pada MotoGP 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi salah satu masalah terbesar yang dihadapi para pembalap Movistar Yamaha pada MotoGP 2017. Hal itu yang membuat mereka kesulitan tampil kompetitif pada paruh kedua balapan musim lalu.

Di awal MotoGP 2017, permasalahan itu sama sekali tak terlihat dari para pembalap Yamaha. Buktinya, Maverick Vinales mampu merebut tiga kemenangan dalam lima balapan pertama. Sedangkan Valentino Rossi konsisten merebut podium di tiga balapan pertama.

Namun, situasi berubah sejak MotoGP Catalunya. Di awal balapan, para pembalap Yamaha memang mampu bersaing di barisan depan. Namun, mendekati akhir balapan, kecepatan mereka bisa menurun drastis. Alhasil, podium pun menjadi hal yang sulit digapai.

Rossi yang berulang kali mengeluh soal ban sepanjang MotoGP 2017 pun kembali menegaskan hal tersebut. Menurutnya, kondisi Yamaha saat itu sangat jauh tertinggal dari Honda dan Ducati yang bekerja lebih baik.

"Kami kehilangan banyak waktu karena motor yang salah. Apa yang Ducati dan Honda lakukan lebih baik, mereka bekerja dengan lebih banyak waktu, uang, dan melibatkan banyak orang untuk bagian elektronik. Di sanalah kami menderita," ujar Rossi, dilansir Tuttomotoriweb.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlambat Cari Solusi

Sejatinya, The Doctor pun sempat mengkritisi masalah ban belakang selama tes di Sirkuit Losail, Qatar, 1-3 Maret 2018. Tak hanya ban belakang, tapi juga bagian depan. Namun, ada sedikit perbaikan dengan perubahan gaya balapnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Agar ban tak cepat aus, Rossi mencoba untuk menjaga tubuh agar tetap dalam posisi yang lebih vertikal. Itu agar mengurangi tingkat degradasi ban pada aspal. Ditambah dengan performa M1 2018, pembalap berusia 39 tahun itu yakin bisa mendapatkan hasil lebih baik.

"Saya pikir kami sudah mengerti, tapi kami terlambat. Akan ada daerah di mana Anda akan menderita pada ban belakang, di mana Anda harus bekerja lebih keras. Tapi, saya berharap dan percaya, dengan versi 2018, kami akan melakukannya lebih baik," ungkap Rossi.

3 dari 3 halaman

Rapor Rossi di Semua Kelas

125cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

MotoGP

Balapan: 306

Menang: 89

Podium: 192

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.949

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.