Sukses

Pelatih Timnas Myanmar Dipecat Setelah Gagal ke Piala Asia 2019

Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) mendepak Gerd Zeise dari kursi pelatih kepala menyusul kegagalan ke Piala Asia 2019.

Yangon - Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) memecat Gerd Zeise dari kursi pelatih timnas Myanmar senior dan juga timnas U-23. Keputusan itu diambil menyusul hasil buruk The White Angels di bawah kepelatihannya.

Timnas Myanmar U-22 gagal meraih medali di SEA Games 2017. Pada perebutan medali perunggu, tim asuhan Gerd Zeise itu kalah 1-3 dari Indonesia. Yang terbaru, kegagalan timnas senior merebut tiket ke Piala Asia 2019.

MFF memutuskan untuk mengakhiri kontrak Gerd Seize tiga hari setelah kekalahan telak 1-5 Myanmar dari Kirgizstan pada laga kelima penyisihan Grup A putaran ketiga kualifikasi, Minggu (25/3/2018). Laga melawan Kirgizstan digelar pada 22 Maret 2018.

Hasil minor itu membuat ambisi Myanmar tampil di Piala Asia 2019 menjadi kandas. Meski, masih ada satu laga tersisa melawan Macau, Selasa (27/3/2018).

Kyi Lin dkk. akhirnya menang 1-0 atas Macau di bawah kepemimpinan asisten pelatih U Zaw Win Htun yang untuk sementara menggantikan posisi Zeise.

Namun, kemenangan itu hanya membawa timnas Myanmar menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup C dengan koleksi poin delapan dari enam pertandingan, di bawah India yang jadi pemuncak klasemen serta Kirgizstan yang jadi runner-up.

India dan Kirgizstan, yang sama-sama mengumpulkan poin 13, akhirnya merebut tiket ke putaran final Piala Asia 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontrak Masih 9 Bulan Lagi

Myanmar Times menulis, durasi kontrak Gerd Zeise bersama MFF sebenarnya masih tersisa sembilan bulan lagi. Namun, MFF memilih mendepak pelatih 65 tahun itu.

"Saya tak bisa bicara banyak. Kami segera mencari penggantinya. Kandidat pelatih baru, bisa pelatih asing bisa juga pelatih lokal. Saya belum bisa bicara kepastiannya sekarang," ujar U Phone Naing Zaw, CEO MFF, seperti dilansir dari Myanmar Times sesaat setelah kabar pemecatan Seize beredar.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla dan pelatih Myanmar, Gerd Zeise, memberikan keterangan dalam konferensi pers jelang laga persahabatan di Hotel Aston Sentul, Bogor, Senin (20/3/2017).

Zeise melatih Timnas Myanmar sejak Oktober 2015. Rekam jejak Seize, yakni mengantar Timnas Myanmar memenangi sembilan pertandingan berbanding 23 kekalahan yang dialami.

Meski begitu, Gerd Zeise berhasil mengukir sejarah di sepak bola Myanmar, yakni membawa timnas Myanmar U-19 ke Piala Dunia U-20 2015 untuk kali pertama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.