Sukses

6 Calon Kuat Juara Liga 1: Dari Persija hingga Persib

Liputan6.com, Jakarta - Gong pagelaran Liga 1 2018 akan segera digaungkan. Laga antara Bhayangkara FC menghadapi Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/3/2018), bakal menjadi penanda dibukanya kompetisi musim ini.

Sangat sulit memprediksi siapa yang keluar sebagai juara pada akhir musim nanti. Sebab, nyaris semua kontestan saling memperkuat tim dan menambal posisi lubang pada musim lalu.

Belum lagi hadirnya tiga tim promosi yang siap menyengat, yakni PSIS Semarang, PSMS Medan, dan Persebaya Surabaya. Dua nama terakhir, pada pramusim bahkan mengilap, PSMS lolos ke semifinal Piala Presiden, sementara Persebaya empat besar Piala Gubernur Kaltim.

Jelas, kondisi itu akan semakin mempersengit kompetisi Liga 1. Liputan6.com mencoba memprediksi enam kandidat juara berdasar penampilan musim lalu dan pramusim. Berikut daftarnya:

1 dari 7 halaman

Bali United

Pemain Bali United saat sesi foto tim jelang laga melawan Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9) (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nyaris menjadi juara pada musim lalu, tentu akan membuat Bali United menuntaskan kekecewaannya di Liga 1 2018. Mereka punya peluang besar melakukan itu karena tak terlalu banyak merombak pemain.

Faktanya, Bali United juga sukses melaju sampai final Piala Presiden 2018. Hal itu menandakan kalau mereka jelas akan jadi pesaing utama meraih gelar.

Apalagi, strikernya, Ilija Spasojevic punya rekor apik. Dalam tiga tahun terakhir, dia selalu memberikan gelar untuk timnya. Bukan tak mungkin gelar dipersembahkan Spaso pada Liga 1 mendatang.

2 dari 7 halaman

Sriwijaya FC

Sriwijaya FC (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Setelah cuma finis di luar 10 besar musim lalu, manajemen Sriwijaya FC langsung merombak total skuat. Dari mulai menunjuk Rahmad Darmawan, sampai mencoret hingga 60 persen skuatnya.

Bahkan beberapa pemain bintang sukses didatangkan. Mulai dari Makan Konate, Adam Alis, hingga Esteban Vizcarra. Kondisi ini jelas membuat mereka otomatis jadi favorit untuk gelaran nanti.

Terlebih, tangan dingin Rahmad Darmawan sudah lama dinantikan kembali. Dia juga pernah membawa Sriwijaya FC juara liga 2007-08, dan tiga kali Piala Indonesia.

3 dari 7 halaman

Persija Jakarta

Pemain Persija, Addison Alves (kedua kiri) saat mengikuti latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (20/3) (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam dua tahun terakhir, tak ada yang menduga Persija akan masuk dalam daftar ini. Tapi, semenjak sukses finis di empat besar Liga 1 2017 lalu, mereka kini mulai diperhitungkan.

Jelang musim baru, Macan Kemayoran mendatangkan sejumlah pemain bintang, salah satunya Marko Simic. Kedatangan Simic lantas sukses membawa Persija juara Piala Presiden 2018.

Kondisi tersebutlah yang membuat Persija masuk daftar kandidat juara. Terlebih, mereka memulai pramusim dengan istimewa.

4 dari 7 halaman

PSM Makassar

Pelatih PSM Makassar, Rene Albert (kiri) memberi arahan kepada pemainnya (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Diam-diam mematikan, begitu mungkin yang bisa disematkan kepada PSM Makassar. Mereka kurang terlalu diperhatikan, tapi pasukan Robert Rene Alberts siap menerkam lawan-lawan mereka di Liga 1 2018.

Patut diingat, Juku Eja berhasil juara turnamen pramusim Super Cup 2018 saat menghadapi tim-tim Asia, seperti MND FC, Home United, hingga Adelaide United.

Musim lalu, PSM sebenarnya sempat berada dalam perebutan gelar juara, tapi tersandung dalam dua laga terakhir. Hingga akhirnya, mereka cuma berselisih tiga poin saja dari sang juara, Bhayangkara FC.

5 dari 7 halaman

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebagai juara bertahan, Bhayangkara FC tentu saja kembali difavoritkan. Mereka jelas minimal menargetkan diri finis di posisi tiga besar untuk musim depan.

Memulai pramusim, pasukan Simon McMenemy ini tak terlalu gemilang. Mereka bahkan tak lolos dari fase Grup E Piala Presiden 2018.

Akan tetapi, musim lalu BFC juga tak terlalu diperhitungkan. Sampai mereka akhirnya sukses melejit dan menyandung beberapa tim di atasnya.

6 dari 7 halaman

Persib Bandung

Persib Bandung (Foto: Kukuh Saokani/Liputan6.com)

Persib terpuruk musim lalu. Maung Bandung hanya mampu finis di peringkat 13 klasemen. Ini tentu jadi pukulan telak.

Menyambut musim ini, Persib melakukan perombakan besar-besaran. Yang utama tentu merekrut pelatih berkelas, Roberto Carlos Mario Gomez.

Selain itu, Maung Bandung juga merekrut beberapa pemain bintang. Mulai dari Bojan Malisic dan Jonathan Bauman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Persija Bisa Gunakan Stadion Sultan Agung Bantul untuk Liga 1 2018
Artikel Selanjutnya
Makan Konate Mulai Bisa Beradaptasi dengan Sriwijaya FC