Sukses

Djokovic Menelan Kekalahan Aneh di Indian Wells

Liputan6.com, California - Novak Djokovic tampil tak meyakinkan saat dikalahkan petenis kualifikasi asal Jepang, Taro Daniel, pada putaran kedua Indian Wells di California, Amerika Serikat, Minggu (11/3/2018) waktu setempat. Eks petenis nomor satu dunia itu kalah 6-7, 6-4, dan 1-6.

Penampilan Djokovic yang baru pulih dari operasi siku kanan di set terakhir melawan petenis peringkat 109 dunia itu, membuat banyak orang mengerutkan dahi. Bahkan, Jim Courier menilai bahwa Djokovic menyerah di game ketiga.

"Tanda tanya yang mengelilingi kekalahannya pada hari ini hanya akan tumbuh semakin besar," kata mantan juara Grand Slam asal Amerika Serikat itu dalam wawancaranya dengan The Tennis Channel.

"Kami bertanya-tanya setelah operasi bagaimana ini akan berlanjut, bagaimana sikunya akan bereaksi terhadap ketegangan dan stress. Namun, kelihatan hati dan kepalanya tidak bereaksi dengan benar pada pertandingan ini. Hal-hal yang terlihat membuat Anda menggaruk-garuk kepala."

Djokovic pun menyadari performa buruknya. "Ini terasa seperti pertandingan pertama yang pernah saya mainkan di tur, sangat aneh," ucap juara Grand Slam sebanyak 12 kali itu kepada pewarta.

"Saya benar-benar kehilangan ritme, semuanya, sedikit kesulitan dengan kesehatan pada beberapa pekan terakhir."

1 dari 3 halaman

Tidak Nyaman

Djokovic pun mengaku dirinya belum merasa nyaman dalam bermain. "Saya bersyukur dapat berada di lapangan setelah operasi secepat itu. Namun di saat yang sama, ini sama sekali tak terasa nyaman. Terdapat rasa gugup. Saya melakukan terlalu banyak unforced error," paparnya.

Djokovic absen selama enam bulan setelah Wimbledon 2017 dan kembali bermain pada Australia Terbuka pada Januari lalu, di mana ia kalah di putaran keempat. Ia dioperasi di Swiss tidak lama setelahnya.

2 dari 3 halaman

Roger Federer

Sementara itu, juara bertahan Roger Federer terhindar dari nasib yang sama seperti Djokovic. Namun, dia harus bekerja keras untuk mengalahkan petenis kidal asal Australia, Federico Delbonis setelah pertandingan sempat dihentikan karena hujan pada kedudukan 2-2 di set kedua, Sabtu (10/3/2018). Federer mengamankan set point pada tiebreak untuk menang 6-3, 7-6(6) atas Delbonis.

Di pertandingan lainnya, petenis Prancis, Gael Monfils selamat dari match point sebelum menaklukkan petenis AS, John Isner dengan skor 6-7(5), 7-6(3) pada pertandingan yang hanya menghadirkan satu break.

Yuki Bhambri asal India menghadirkan kejutan ketika ia mengalahkan petenis unggulan kesembilan asal Prancis, Lucas Pouille dengan skor 6-4, 6-4. Sedangkan petenis Israel Dudi Sela menaklukkan unggulan ke-21 asal Britania Edmund dengan skor 6-4, 6-4. (Ant)

Artikel Selanjutnya
Australia Terbuka 2018: Djokovic Dihentikan Petenis Korea
Artikel Selanjutnya
Djokovic Bukukan Comeback Impresif di Australia Terbuka